Zelensky Pecat Komandan Senior Pasukan Ukraina - Detik

 

Zelensky Pecat Komandan Senior Pasukan Ukraina

Jakarta 

-

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memecat seorang komandan senior militer yang membantu dalam pertempuran melawan invasi pasukan Rusia. Hal ini lantaran dinilai tak kompeten.

Dilansir AFP, Selasa (25/6/2024) pejabat tinggi militer itu diketahui memimpin pasukan di wilayah timur. Selain dinilai tak kompeten, komandan senior itu dituduh menyalahgunakan kekuasaan selama invasi Rusia.

Langkah ini dilakukan ketika Kyiv berjuang menahan pasukan Moskow di wilayah timur selama berbulan-bulan, hampir dua setengah tahun setelah perang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya memutuskan untuk mengganti Panglima Gabungan Angkatan Bersenjata Ukraina, Letnan Jenderal Yuriy Sodol, dengan Brigadir Jenderal Andriy Gnatov," kata Zelensky dalam pidatonya.

Dia tidak memberikan rincian mengenai alasan pemecatan tersebut. Namun keputusan tersebut diambil setelah adanya kritik dari seorang komandan brigade Azov, yang dikenal karena hubungannya dengan sayap kanan.

Komandan Azov, Bogdan Krotevych, sehari sebelumnya mengajukan pengaduan ke dinas keamanan SBU, menyerukan penyelidikan terhadap Sodol.

Menurut laporan media, Krotevych menuduh Sodol tidak kompeten dan menyalahkannya atas kematian tentara Ukraina di garis depan.

Simak juga 'Momen Pejalan Kaki Nyaris Dihantam Bom Rusia di Kharkiv':

(dwia/dwia)

Baca Juga

Komentar