Apakah Air Kelapa Bermanfaat untuk Menurunkan Trigliserida? Ini Penjelasannya - detik

 

Apakah Air Kelapa Bermanfaat untuk Menurunkan Trigliserida? Ini Penjelasannya

Atta Kharisma - detikHealth
Kamis, 25 Jul 2024 08:34 WIB
Fresh Coconut Water Drink in glass with coconut leaf on wooden  background
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/PitchyPix)
Daftar Isi
Jakarta -

Menjaga kadar kolesterol tetap normal penting dilakukan untuk mencegah risiko penyakit kardiovaskular dan jantung.

Selain kolesterol, kadar trigliserida dalam darah juga harus diperhatikan. Trigliserida adalah sejenis lipid (lemak) yang ada dalam darah. Dikutip dari Mayo Clinic, zat ini berfungsi menyimpan kalori dan menyediakan energi untuk tubuh.

Namun jika kadarnya terlalu tinggi di dalam tubuh, trigliserida dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit berbahaya, seperti diabetes, jantung koroner, hingga stroke.

Karenanya, penting untuk menjaga kadar trigliserida tetap normal dan tidak melebihi batas. Nah, salah satu cara yang disebut efektif menurunkan trigliserida adalah dengan mengonsumsi air kelapa.

Lantas, apa benar manfaat air kelapa bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah?

Baca juga:

Air Kelapa untuk Menurunkan Trigliserida

Dikutip dari Healthline, air kelapa diyakini memiliki properti yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Pada 2008, ilmuwan melakukan penelitian pada tikus untuk menganalisa dampak air kelapa terhadap lemak dan kolesterol. Dalam percobaan itu, tikus diberikan air kelapa dalam dosis tinggi (4 ml per 100 gram berat badan) selama 45 hari.

Peneliti menemukan tikus yang diberi air kelapa mengalami penurunan kolesterol dan trigliserida yang serupa dengan efek obat statin. Statin adalah salah satu obat yang umum digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Perlu diingat, penelitian ini menggunakan air kelapa dengan dosis tinggi. Jika diterapkan pada manusia dengan berat badan 68 kg, itu setara mengonsumsi 2,7 liter air kelapa setiap hari.

Karenanya, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian, terutama pada subjek manusia, untuk bisa memastikan manfaat air kelapa dalam menurunkan kadar trigliserida. Bagi pengidap trigliserida tinggi yang ingin menambahkan air kelapa ke dalam menu dietnya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Baca juga:

Baca Juga

Komentar