Jokowi Teken PP Kesehatan soal Pengendalian Tembakau, YLKI Desak Menkes Segera Buat Peraturan Pelaksana - Tempo

 

Jokowi Teken PP Kesehatan soal Pengendalian Tembakau, YLKI Desak Menkes Segera Buat Peraturan Pelaksana

Reporter

Selasa, 30 Juli 2024 10:08 WIB

  • Bagikan


Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi. Tempo/Tony Hartawan
Iklan

TEMPO.COJakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2024 tentang Kesehatan. Regulasi ini merupakan turunan dari Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan.

Iklan

Salah satu poin penting yang dibahas dalam PP ini adalah pengendalian tembakau. Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI, Tulus Abadi mendesak agar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin segera membuat Peraturan Menteri Kesehatan untuk teknis pelaksanaan PP tersebut. 

Baca juga:

Sebab, ujarnya, regulasi pengendalian tembakau ini membutuhkan pengawasan ketat dalam implementasinya. "Jangan sampai menunggu terlalu lama," ucapnya saat dihubungi, Senin, 29 Juli 2024. 

B8he7-LDRIKOv-DYW-1718857346

Dia menilai, ada langkah maju yang diambil pemerintah dalam aspek pengendalian konsumsi tembakau. Misalnya, ia menyebut pasal yang mengatur tentang larangan iklan rokok di media digital dan pengaturan rokok elektronik.

Selain itu, Tulus juga menyebut ada peningkatan persentase terhadap aturan peringatan kesehatan bergambar di produk tembakau ataupun rokok elektronik. "Jadi 50 persen, semula 40 persen. Meningkat 10 persen," katanya.

Baca juga:

Pengurus Komisi Pengendalian Tembakau ini juga mengapresiasi langkah progresif pemerintah yang telah mengatur pelarangan penjualan rokok ketengan, serta larangan penjualan produk tembakau dalam jarak 200 meter dari sekolah dan taman bermain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ia mengatakan, sejumlah aturan di PP soal pengendalian konsumsi tembakau ini masih belum setara dengan standar Framework Convention on Tobacco Control atau FCTC. Namun, menurut dia, secara keseluruhan PP tentang Kesehatan ini bisa menjadi instrumen untuk pengendalian konsumsi tembakau. 

Tulus juga mengimbau agar para petani tembakau dan pelaku usaha untuk tidak khawatir dengan terbitnya PP pengendali tembakau ini. Sebab, katanya, tidak ada larangan menanam tembakau ataupun larangan untuk beriklan produk tembakau. 

"Penolakan itu terlalu didramatisir. (Aturan pengendalian tembakau) ini masih sangat longgarlah," ucap Tulus.

LAPORAN UTAMA

LAPORAN NASIONAL

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

Kata Grace Natalie Kehadiran Influencer di IKN Bentuk Transparansi ke Publik

28 menit lalu

Grace menyebut bahwa kedepannya, selain pegiat media sosial, elemen masyarakat lain akan bergantian diundang ke IKN.

Kabar Bahlil akan Menjadi Menteri ESDM, Ini Tanggapan Sandiaga Uno

35 menit lalu

Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia dikabarkan akan menggantikan Arifin Tasrif sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merespons kabar Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal menunjuk Bahlil sebagai Menteri ESDM.

Dosa-Dosa Jokowi Selama Jabat Presiden RI 2 Periode

47 menit lalu

Presiden Joko Widodo mengawali kegiatan kunjungan hari kedua di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan meninjau langsung kawasan Istana Kepresidenan, pada Senin pagi, 29 Juli 2024. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi secara perlahan menghancurkan demokrasi melalui 18 dosa yang dibuat selama 10 tahun berkuasa.

Berisi 1.127 Pasal, Apa Saja Isi PP Kesehatan yang Diteken Jokowi?

1 jam lalu

Sejumlah peserta membawa payung yang berisi pesan pentingnya menyusui di Alun-Alun Kota Depok, Depok, Jawa Barat, Minggu, 7 Agustus 2022. Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Kota Depok menggelar payung putih berAKSI dengan menulis pesan menyusui di atas payung dalam rangka memperingati Pekan Menyusui Sedunia 2022. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

PP Kesehatan yang diteken Jokowi mengatur detil sejumlah masalaha, termasuk keharusan memberikan ASI ekslusif pada bayi.

Edisi Khusus 10 Tahun Jokowi: Kejar Target Peringatan Kemerdekaan, Pontang-Panting Cari Pendanaan Megaproyek IKN

1 jam lalu

Pekerja memasang tenda untuk upacara HUT RI di Lapangan Upacara Istana Kepresidenan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu 27 Juli 2024. Persiapan pelaksaan upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Lapangan Upacara Istana Kepresidenan IKN telah mencapai sekitar 90 persen dan siap digelar pada 17 Agustus 2024. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Peringatan 17 Agustus di IKN akan menjadi momen krusial yang akan diawasi oleh komunitas bisnis dan investor untuk menilai prospek masa depan IKN

Edisi Khusus 10 Tahun Jokowi: Bengkak Biaya Proyek Kereta Cepat Whoosh hingga Wika Teriak Rugi

2 jam lalu

Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi di dalam kereta Whoosh di Jakarta, Jumat (19/7/2024). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

Alih-alih untuk kepentingan orang ramai, pengamat menilai proyek kereta cepat Whoosh adalah ambisi yang difasilitasi keputusan politik.

Menteri Investasi Dirotasi Jadi Menteri ESDM? Ini Jawaban Bahlil dan Istana

3 jam lalu

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024. Rapat tersebut membahas rencana kerja pemerintah dan rencana kerja anggaran tahun anggaran 2025 serta evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2023 dan realisasi anggaran. TEMPO/M Taufan Rengganis

Bahlil dan Istana kompak membantah kabar Presiden Jokowi akan melantik Menteri Investasi sebagai Menteri ESDM di IKN.

IKN: Jokowi Pamer Meja Kerja hingga Rencana Bawa 500 Relawan

3 jam lalu

Pekerja memasang tenda untuk upacara HUT RI di Lapangan Upacara Istana Kepresidenan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu 27 Juli 2024. Persiapan pelaksaan upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Lapangan Upacara Istana Kepresidenan IKN telah mencapai sekitar 90 persen dan siap digelar pada 17 Agustus 2024. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Jokowi membagikan potret dia di dalam Istana Garuda IKN melalui media sosial

Sempat Bilang Tak Nyenyak Tidur, Kini Presiden Jokowi Pamer Ruang Tidurnya di IKN

3 jam lalu

Presiden Jokowi menjajal nginap di Kantor Presiden Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara semalam.

Presiden Jokowi mengunggah fotonya di Instagram saat berada di ruang tidur di IKN. Tampak duduk santai di tempat tidurnya.

Jokowi Tak Nyenyak Tidur di IKN, Pengamat: Banyak Pikiran, Investor Tak Kunjung Datang

4 jam lalu

Presiden Joko Widodo mengawali kegiatan kunjungan hari kedua di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan meninjau langsung kawasan Istana Kepresidenan, pada Senin pagi, 29 Juli 2024. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengaku tak nyenyak tidur di Istana Presiden Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Minggu malam, 28 Juli 2024.

Baca Juga

Komentar