Pilihan

Maksimalkan Musim Liburan, Anak-Anak Kota Jogja Diajak Berkreasi di Perpustakaan - Radar Jogja

 

Maksimalkan Musim Liburan, Anak-Anak Kota Jogja Diajak Berkreasi di Perpustakaan - Radar Jogja

JOGJA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogja menggelar kegiatan bertajuk Liburan di Perpus Kota 2024, Kreasi Literasi Anak pada Rabu (3/7/2024).

Melalui kegiatan tersebut, anak-anak yang kini tengah menjalani liburan diajak untuk berkreasi.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogja Nunun Zulaikha mengatakan, kegiatan liburan di perpustakaan merupakan salah satu agenda rutin tahunan. Adapun untuk tahun ini tema yang diangkat Bermain Seru Di Wahana Literasi Perpustakaan Kota Jogja.

Nunun menjelaskan, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu upaya dari pihaknya untuk mengajak anak-anak berkreativitas selama musim liburan. Oleh karena itu, kemasannya pun berupa pembuatan berbagai kerajinan tangan.

Baca Juga: Limbah Berbahaya Milik Dishub DIY Akhirnya Tertangani, Sebanyak 1.019 Aki Bekas dan 627 Armatur Dikirim ke Tangerang

“Dari kegiatan ini anak-anak akan berkreativitas membuat mainan menggunakan bahan-bahan dari alam, sehingga memacu minat dan potensi anak-anak kedepannya,” ujar Nunun, Rabu (3/7).

Dia melanjutkan, bahwa liburan di perpustakaan tersebut juga digelar karena melihat fenomena saat ini banyak anak-anak yang justru sibuk dengan dirinya sendiri, khususnya karena pengaruh gadget.

Sehingga harapannya, melalui kegiatan itu nantinya anak-anak mendapatkan kembali kesenangan ketika bermain dengan teman-temannya.

Oleh karena itu, pada Liburan di Perpus Kota 2024 itu juga dibentuk beberapa kelompok bermain.

Lalu diajak untuk membuat kerajinan tangan seperti melukis tas menggunakan daun, membatik, melukis gelas, hingga membuat kreasi kipas.

Baca Juga: DIY Peringkat Pertama Persentase Kemiskinan Tertinggi Se-Pulau Jawa, DPRD DIY Kritisi Beberapa Hal Ini

“Melalui kegiatan ini kami juga mengenalkan bahwa perpustakaan bukan hanya untuk membaca namun juga bisa untuk bermain,” kata Nunun.

Sementara itu, salah satu peserta kegiatan bernama Aya mengaku, cukup senang mengikuti Liburan di Perpus Kota 2024.

Sebab dari kegiatan itu dia bisa mendapatkan berbagai pengalaman berharga.


Baca Juga: DLH Kota Jogja Bantah Jual Sampah ke Petani Bantul, Sebut Ada Kesalahan Pengiriman

Siswa SMPN 11 Kota Jogja itu menerangkan, bahwa kegiatan yang diikutinya cukup menyenangkan. Mulai dari melukis menggunakan daun dengan cara digesek serta membuat berbagai kerajinan tangan.

Baca Juga: Youtuber Asal Denmark Kristian Hansen Perbaiki Jembatan Rusak di Wakatobi: Kades Wakatobi Malah Kecewa

“Saya ikut ini untuk mengisi waktu luang liburan, kegiatannya seru dan mendapatkan pengalaman berharga,” kata Aya. (inu)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek