Penumpang Pesawat Diimbau Datang Lebih Awal ke Bandara gegara Microsoft Down Ganggu Proses Check-in - Imews

 

Penumpang Pesawat Diimbau Datang Lebih Awal ke Bandara gegara Microsoft Down Ganggu Proses Check-in

JAKARTA, iNews.id  - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengimbau penumpang pesawat untuk sampai di bandara lebih awal imbas sistem Microsoft down. Pasalnya, hal ini menyebabkan sistem check-in di beberapa maskapai dilakukan secara manual.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M Kristi Endah Murni maskapai yang  terdampak gangguan sistem ini adalah Citilink, Scoot Airlines, AirAsia dan Indigo. Sebab, sistem tersebut terhubung dengan provider sistem secara global.

Saat ini Kemenhub telah meminta operator penerbangan membuka lebih banyak check-in counter karena pelayanan proses check-in keberangkatan penumpang dan bagasi secara manual karena adanya gangguan tersebut.

"Langkah-langkah yang dilakukan untuk antisipasi gangguan tersebut yaitu melakukan pelayanan proses check-in keberangkatan penumpang dan bagasi secara manual, membuka lebih banyak check-in counter serta menghimbau agar para penumpang berangkat lebih awal," ucap Kristi dalam keterangan resminya, Sabtu (20/7/2024).

Meski demikian, Kemenhub memastikan operator penerbangan seperti PT Angkasa Pura Indonesia, serta Airnav Indonesia tetap menjalankan operasional penerbangan dengan normal dan tidak terdapat gangguan.

Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Hubud memonitor perkembangan masalah tersebut dan melakukan langkah-langkah antisipasi dan mitigasi termasuk memastikan penanganan penumpang dengan memberikan kompensasi keterlambatan (delay management) dan opsi pelayanan terbaik kepada penumpang.

Baca Juga

Komentar