Ini 4 Maskapai yang Terdampak Check-in Manual Imbas Microsoft Down di RI - CNN Indonesia

 

Ini 4 Maskapai yang Terdampak Check-in Manual Imbas Microsoft Down di RI

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan menjelaskan bahwa ada gangguan sistem teknologi informasi (IT) global di beberapa Bandara Internasional, seperti Amerika Serikat, Belanda, Singapura, Malaysia, dan lainnya. Hal ini imbas sistem Microsoft yang down.

Dikutip iNews.id dari Holding Statement, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Sabtu (20/7/2024), gangguan tersebut berdampak pada sistem layanan beberapa maskapai di Indonesia. Pasalnya, maskapai terhubung dengan provider sistem secara global.

Adapun maskapai di Indonesia yang terdampak dari adanya gangguan layanan tersebut seperti Citilink, Scoot Airlines, AirAsia, dan Indigo.

"Di Indonesia, gangguan sistem IT terjadi di beberapa sistem check-in milik beberapa maskapai seperti Citilink, Scoot Airlines, AirAsia dan Indigo, mengingat sistem tersebut terhubung dengan provider sistem secara global," bunyi keterangan resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Untuk itu, beberapa maskapai melaksanakan proses check-in secara manual. namun, Kemenhub memastikan bahwa operasional penerbangan tetap normal dan tak terganggu.

"Beberapa operator penerbangan seperti PT. Angkasa Pura Indonesia (PT. Angkasa Pura I dan PT. Angkasa Pura II), serta Airnav Indonesia tetap menjalankan operasional penerbangan dengan normal dan tidak terdapat gangguan," tutur dia.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan memastikan maskapai penerbangan memberikan kompensasi keterlambatan (delay management) dan opsi pelayanan terbaik kepada penumpang.

Selain itu, Ditjen Hubud menugaskan para Inspektur Penerbangan untuk bekerja sama dengan para operator penerbangan, penyelenggara bandara dan penyelenggara navigasi penerbangan untuk  memastikan operasional penerbangan tetap berjalan dengan aman dan selamat.

Baca Juga

Komentar