PM Hongaria Viktor Orban Yakin Perang Ukraina Berhenti jika Donald Trump Menang Pilpres AS - inews

 

PM Hongaria Viktor Orban Yakin Perang Ukraina Berhenti jika Donald Trump Menang Pilpres AS

BUDAPEST, iNews.id – Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban berharap Donald Trump memenangkan Pilpres AS 2024. Dia yakin, jika calon presiden (capres) dari Partai Republik menang pemilu, akan ada gencatan senjata di Ukraina dan negosiasi antara Rusia dan Amerika Serikat pun akan dimulai.

“Jika dia (Trump) menang, maka setidaknya akan ada gencatan senjata. Apakah gencatan senjata ini akan menghasilkan perdamaian abadi, adalah hal yang akan terjadi di masa depan, tetapi hal itu tidak akan seperti sekarang, itu sudah pasti,” ujarnya dalam wawancara dengan stasiun televisi M1, Senin (1/7/2024).

“Dan itulah alasannya Eropa perlu segera bersiap menghadapi situasi di mana cepat atau lambat Amerika dan Rusia akan memulai negosiasi satu sama lain,” kata Orban. 

Menurut dia, Eropa sudah semestinya bertanya pada diri sendiri, posisi mana yang harus mereka ambil dalam krisis Ukraina. “(Eropa juga mesti bertanya) ‘Siapa yang mewakili kepentingannya dan apa kepentingannya?’,” ucap Orban.

Trump dan Orban adalah sekutu lama yang memiliki pandangan politik konservatif dan secara terbuka menyatakan saling menghormati dan mendukung. Orban telah memberikan dukungannya kepada Trump baik dalam pemilihan presiden AS maupun berbagai kasus hukum yang sedang dia hadapi.

Baca Juga

Komentar