PUPR Bakal Stop Pengerjaan Konstruksi di IKN pada 10 Agustus! - inews

 

PUPR Bakal Stop Pengerjaan Konstruksi di IKN pada 10 Agustus!

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya akan menghentikan pengerjaan konstruksi di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai 10 Agustus 2024 mendatang. Hal itu dilakukan dalam rangka persiapan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Basuki menjelaskan penghentian sementara ini akan dimanfaatkan untuk pembersihan kawasan IKN. Selain itu, Basuki mengatakan bahwa Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) juga akan menuju ke IKN pada 10 Agustus untuk persiapan upacara. 

“Insyaallah (tower) akan selesai furnish sehingga itu bisa dimanfaatkan oleh peserta upacara, tanggal 10 Agustus semua Paskibraka sudah bergerak ke sana. Makanya tanggal 10 Agustus saya hentikan semua pekerjaan yang membutuhkan mobilitas di luar. Semua berhenti karena saya bersihkan dulu kawasannya,” ujar Basuki usai mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Tol Cimanggis-Cibitung, di Provinsi Jawa Barat (Jabar), Selasa (9/7/2024).

 Pada kesempatan itu, Basuki menjelaskan bahwa upacara 17 Agustus akan digelar di dua tempat, yakni di Istana Negara Jakarta dan IKN. Nantinya, IKN akan digunakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara Istana Negara Jakarta akan digunakan oleh Wapres Ma’ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka.

 “Jadi IKN, sesuai dengan rencana dari pak Setneg dan Pak Kasetpres memang 17 Agustusan dilakukan di dua tempat di IKN dan di Jakarta. Di Jakarta akan dipimpin oleh pak Wapres dan Wapres terpilih. Sedangkan di IKN oleh Pak Presiden dan Presiden terpilih,” ujar Basuki.

 Basuki memastikan bahwa sarana dan prasarana di IKN akan selesai pada Juli ini, seperti Kantor dan Istana Presiden maupun juga Kantor para Menteri Koordinator. 

“Kami saya dari Kementerian PUPR bertanggung jawab untuk menyiapkan prasarananya ya sampai sekarang prasarananya Insyaallah nanti pada Juli ini sudah akan selesai,” ujar Basuki.

Baca Juga

Komentar