Pilihan

Simak Sejarah Peringatan Hari Bhayangkara 1 Juli - RRI

 

Simak Sejarah Peringatan Hari Bhayangkara 1 Juli

Oleh: Pessy
Editor: Allan
01 Jul 2024 - 07:23
Pusat Pemberitaan
Simak Sejarah Peringatan Hari Bhayangkara 1 Juli
Ilustradi Polri di Indonesia (Foto: Rok. Istimewa)

KBRN, Jakarta: Setiap tahunnya tepat di tanggal 1 Juli masyarakat Indonesia selalu memperingati Hari Bhayangkara. Sebab, diadakannya hari ini sekaligus menjadi dedikasi untuk para aparat kepolisian kepada negara dan rakyat.  

Perlu diketahui bahwa sebutan Bhayangkara sendiri diambil dari istilah pada zaman Kerajaan Majapahit patih Gajah Mada. Di mana saat itu terbentuk pasukan pengamanan yang disebut dengan Bhayangkara yang bertugas melindungi raja dan kerajaan.

Kemudian, pembentukan kepolisian Tanah Air berkembang pada masa kolonial Belanda. Pada masa itu, dibentuk pasukan-pasukan jaga yang diambil dari orang-orang pribumi.

Hal itu dilakukan untuk menjaga aset dan kekayaan orang-orang Eropa di Hindia Belanda. Pada 1987, sejumlah warga Eropa di Semarang merekrut 78 orang pribumi untuk menjaga keamanan mereka. 

Pasukan kepolisian ini disebut Rechst politie yang dipertanggungjawabkan pada procureur general atau jaksa agung. Bentuk kepolisian masa kini ada bermacam-macam, mulai dari veld politie (polisi lapangan) , stands politie (polisi kota).

Lalu cultur politie (polisi pertanian), bestuurs politie (polisi pamong praja), dan lain sebagainya. Namun, dalam penerapannya terjadi ketimpangan jabatan. 

Sebab pribumi tidak diperkenankan menjabat beberapa jabatan tinggi salah satunya hood agent atau bintara. Selanjutnya pada 1897-1920 dibentuklah Kepolisian Hindia-Belanda yang menjadi cikal bakal terbentuknya Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kata Kunci:

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek