Survei Pilpres AS: Joe Biden Kehilangan Dukungan di 14 Negara Bagian Kunci - inews

 

Survei Pilpres AS: Joe Biden Kehilangan Dukungan di 14 Negara Bagian Kunci

WASHINGTON DC, iNews.id – Presiden petahana AS Joe Biden kehilangan dukungan di 14 negara bagian utama, yang secara bertahap beralih ke pendahulunya sekaligus saingannya, Donald Trump, di Pilpres 2024. Hal itu terungkap lewat hasil survei terbaru yang dilansir CNN, Rabu (17/7/2024).

Jajak pendapat yang dilakukan lembaga survei BlueLabs, yang didanai oleh Partai Demokrat AS itu menemukan bahwa Trump mengungguli Biden di Negara Bagian Arizona, Georgia, Michigan, Pennsylvania, dan Wisconsin. Padahal, di semua wilayah itu, Biden dulu berhasil mengalahkan Trump di Pilpres AS 2020. 

Selain itu, masyarakat di Negara Bagian Nevada, Colorado, Minnesota, Maine, New Mexico, Virginia, New Hampshire, dan sebagian Nebraska juga dikatakan telah kehilangan kepercayaannya pada Biden.

Jajak pendapat tersebut juga menunjukkan, hampir semua anggota Partai Demokrat lainnya yang dimasukkan dalam kuesioner sebagai capres alternatif, lebih unggul dari Biden di negara-negara bagian yang menjadi medan pertempuran itu. Empat politisi Demokrat yang paling populer adalah Senator Arizona Mark Kelly, Gubernur Maryland Wes Moore, Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro, dan Gubernur Michigan Gretchen Whitmer.

Pada 27 Juni lalu, Biden tampak bingung dan tidak nyambung saat menjalani debat capres perdana dengan Trump. Hal itu semakin membuat khawatir para pendukung Biden mengenai kemampuan kognitifnya. Kinerja buruknya di debat itu telah menyebabkan beberapa politisi Partai Demokrat dan donor menyerukan pencopotannya sebagai capres.

Ada seruan yang meningkat di kalangan Partai Demokrat untuk mencalonkan kandidat lain untuk menggantikan Biden setelah kegagalannya dalam debat tersebut. Debat kedua Biden-Trump dijadwalkan pada 10 September. Sementara Pilpres AS 2024  dilangsungkan pada 5 November.

Baca Juga

Komentar