Joe Biden Siap Mundur dari Pilpres AS jika Dokter Sebut Kesehatannya Bermasalah - inews

 

Joe Biden Siap Mundur dari Pilpres AS jika Dokter Sebut Kesehatannya Bermasalah

WASHINGTON, iNews.id - Joe Biden menegaskan akan mundur dari Pilpres AS 2024 jika dokter mengungkap ada masalah kesehatan. Partai Demokrat akan menggelar konvensi nasional pada akhir bulan ini untuk meresmikan pencalonan Biden dalam pilpres pada 5 November mendatang.

Biden mengatakan, kondisi kesehatannya tidak memerlukan pemeriksaan tambahan, namun siap dengan kemungkinan apa pun.

"Jika saya mengalami suatu kondisi medis. Jika dokter datang kepada saya dan mengatakan 'Anda terkena masalah ini, masalah itu'," kata Biden, dalam petikan wawancara dengan BET News, dikutip dari Sputnik, Rabu (17/7/2024).

Dia sebelumnya mengatakan, satu-satunya hal yang dihasilkan oleh bertambahnya usia adalah kebijaksanaan. Pernyataannya itu untuk menepis nada miring soal kemampuan dalam memimpin AS untuk periode kedua. 

Dalam wawancara lain dengan NBC News, Biden mengatakan kekhawatiran para pemilih AS mengenai usianya adalah wajar. Namun, dia menegaskan masih memiliki ketajaman mental masih baik.

“Saya memang sudah tua. Tapi saya hanya 3 tahun lebih tua dari Trump, itu yang pertama. Dan yang kedua, ketajaman mental saya cukup bagus,” kata pria 81 tahun itu.

Menurut dia, perbincangan orang-orang soal faktor usia merupakan topik yang lumrah untuk ditanyakan.

Desakan kepada Biden agar mundur dari pencalonan Pilpres AS 2024 disebut-sebut terus mencuat di internal Partai Demorkat. Hal itu lantaran penampilan buruk Biden dalam debat perdana Pilpres AS 2024 dengan Donald Trump pada 27 Juni lalu.

Biden tampak bingung dan tidak nyambung selama debat tersebut. Hal itu semakin meningkatkan kekhawatiran mengenai kemampuan kognitifnya untuk melanjutkan tugas sebagai kepala negara di periode keduanya.

Trump dan Biden akan kembali adu gagasan dalam debat capres kedua pada 10 September.

Baca Juga

Komentar