Gus Ipul PBNU Kritik PKB Majukan Jadwal Muktamar Jadi Akhir Agustus - CNN Indonesia

 

Gus Ipul PBNU Kritik PKB Majukan Jadwal Muktamar Jadi Akhir Agustus

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Sekretaris Jendral PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengkritik PKB yang memajukan jadwal Muktamar PKB menjadi 24-25 Agustus 2024.

Padahal sebelumnya PKB telah mengumumkan melalui rakernas muktamar akan digelar akhir tahun 2024.

"Saya sulit membayangkan. Tidak habis pikir ada keputusan yang berubah-ubah oleh segelintir elite PKB. Awalnya memutuskan muktamar akhir tahun. Tiba-tiba diubah 24 Agustus tahun ini," kata Gus Ipul dalam keterangannya dikutip Senin (12/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gus Ipul menilai perubahan jadwal muktamar PKB secara tiba-tiba dinilai penuh kejanggalan dan terkesan ada yang ditutupi. Ia juga menganggap perubahan tiba-tiba ini menunjukkan ketidakkonsistenan serta adanya mismanajemen di internal elite PKB.

"Ini juga bagian sari perencanaan yang tidak baik. Ada sesuatu yang diputuskan secara spontan," kata dia.

Karenanya, Gus Ipu mengajak pada pengurus DPC dan DPW PKB untuk berpikir rasional objektif. Ia juga mengajak jajaran DPW dan DPC PKB untuk melakukan koreksi kebiasaan tidak baik.

"Kita ingin DPW dan DPC PKB bisa mengambil sikap untuk perbaikan PKB ke depan. Kembali ke pangkuan NU seperti semangat awal berdirinya dari NU untuk bangsa. Itulah PKB," kata Gus Ipul.

PKB akan menggelar muktamar di Bali pada 24-25 Agustus 2024. Muktamar merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi di PKB. Salah satu yang dibahas adalah pemilihan ketua umum PKB periode 2024-2029.

Sebelumnya Ketua Organizing Committee Muktamar PKB Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan muktamar PKB dipastikan tak bakal membahas isu konflik dengan PBNU.

"Terkait dengan isu saat ini (konflik PKB dan PBNU) tidak ada agenda itu," ujar di Kabupaten Badung, Minggu (11/8).

(rzr/isn)

Baca Juga

Komentar