Jokowi: Freeport, Blok Rokan, dan Newmont Bisa Kita Ambil Alih Kembali - inews

 

Jokowi: Freeport, Blok Rokan, dan Newmont Bisa Kita Ambil Alih Kembali

JAKARTA, iNews.id Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa selama 10 tahun pemerintahannya telah berhasil mengambil aset yang dikelola asing. Jokowi menegaskan, hal ini sebagai komitmen bahwa kekayaan negeri harus dikelola untuk kepentingan rakyat.

“Kita ingin kekayaan yang ada di negeri ini, anugerah Allah SWT untuk negeri ini, dapat dikelola sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat, dapat dimanfaatkan semaksimalnya untuk kesejahteraan rakyat,” ujar Jokowi pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Jokowi menambahkan, sejumlah aset yang telah berhasil diambil oleh pemerintahannya di antaranya FreeportBlok Rokan, hingga Newmont.

“Oleh sebab itu, kita juga telah mengambil kembali aset kita yang selama puluhan tahun dikelola oleh pihak asing, yang selama puluhan tahun diambil manfaat besarnya oleh pihak asing, seperti Freeport, Blok Rokan, dan Newmont. Alhamdulillah, semua itu bisa kita ambil alih kembali,” tuturnya.

Selain itu, Kepala Negara mengatakan bahwa saat ini telah terbangun industri pengolahan sumber daya alam di Indonesia. 

“Alhamdulillah, sampai saat ini telah terbangun smelter dan industri pengolahan untuk nikel, bauksit, dan tembaga yang membuka lebih dari 200.000 lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan negara Rp158 triliun selama delapan tahun ini,” kata Jokowi.

Baca Juga

Komentar