Menlu Retno Kirim Sinyal Perpisahan di Hadapan Dubes Negara Sahabat - Kompas

Menlu Retno Kirim Sinyal Perpisahan di Hadapan Dubes Negara Sahabat

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi menyampaikan kode perpisahan dengan para duta besar negara sahabat yang berada di Indonesia saat meresmikan pemugaran Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Retno menyampaikan ucapan terima kasih kepada para duta besar karena telah bekerja sama dengan baik selama dia menjabat sebagai Menlu RI.

"Dan saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Anda sekalian atas kerja sama dan kerja sama yang baik selama 10 tahun terakhir. Indonesia akan memiliki pemerintahan baru pada tanggal 20 Oktober," ujar Retno,Senin.

Baca juga: Menlu Retno Beri Saran untuk Para WNI yang Akan Bepergian ke Inggris

Retno yakin, Indonesia akan tetap menjadi mitra terpercaya dalam perdamaian dan kesejahteraan global.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada empat menteri luar negeri pendahulunya yang ikut hadir dalam acara itu, yakni Marty Natalegawa, Hassan Wirajuda dan Alwi Shihab.

"Diplomasi Indonesia mencapai titik ini berkat mereka semua, jadi terima kasih, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Anda sekalian," ujar Retno.

Baca juga: Hamas Tunjuk Pemimpin Baru, Menlu Retno: Indonesia Terus Dorong Perdamaian

Dalam kesempatan itu, Retno juga mengungkapkan alasan pemugaran Gedung Pancasila yang merupakan bangunan cagar budaya itu.

Gedung Pancasila yang menjadi saksi pembentukan Pancasila dan pergerakan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia harus dipugar karena alasan keamanan.

"Oleh karena itu, kami memutuskan sudah waatnya melakukan pemugaran Gedung Pancasila," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar