Pemilihan Pengganti Ismail Haniyeh di Hamas Disebut Butuh Waktu Lama - inews

 

Pemilihan Pengganti Ismail Haniyeh di Hamas Disebut Butuh Waktu Lama

GAZA, iNews.id – Pembahasan tentang pencalonan pemimpin baru di Biro Politik Hamas sepeninggal Ismail Haniyeh akan dimulai setelah masa berkabung tiga hari berakhir. Proses tersebut diperkirakan memakan waktu yang tidak sebentar.

“Masalah ini akan dibahas setelah masa berkabung tiga hari berakhir pada Minggu (4/8/2024), dan pembahasannya akan memakan waktu berhari-hari,” kata seorang sumber Hamas kepada Sputnik, akhir pekan ini.

Pada Rabu (31/7/2024), Haniyeh gugur akibat serangan udara Israel di tempat dia menginap di Teheran, Iran. Dia berada di kota itu untuk memenuhi undangan acara pelantikan Presiden Iran yang baru terpilih, Masoud Pezeshkian.

Hamas menyatakan, Israel dan Amerika Serikat harus bertanggung jawab atas pembunuhan Haniyeh. Gerakan pejuang Palestina itu pun telah bersumpah untuk membalas dendam atas kematian pemimpin mereka.

Sementara Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyatakan, membalaskan dendam atas pembunuhan Haniyeh sudah menjadi tugas Teheran.

Dalam beberapa hari terakhir, situasi Timur Tengah semakin tegang. Peluang konfrontasi terbuka antara Israel dan proksi-proksi Iran di kawasan itu, termasuk Hizbullah di Lebanon dan Houthi di Yaman, kian meningkat.

Baca Juga

Komentar