Prabowo Mau Bangun Tanggul Laut Raksasa dari Jakarta sampai Gresik - detik

 

Prabowo Mau Bangun Tanggul Laut Raksasa dari Jakarta sampai Gresik

Jakarta 

-

Pemerintahan baru di bawah nakhoda Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto punya rencana besar membangun Giant Sea Wall atau Tanggul Laut Raksasa. Infrastruktur ini direncanakan akan membentang dari Jakarta sampai Gresik, Jawa Timur.

Adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, mengatakan Giant Sea Wall menjadi satu proyek baru yang diharapkan oleh Prabowo untuk dapat segera dimulai.

"Pak Prabowo ingin membangun Tanggul Laut dari Jakarta sampai Gresik di Jawa Timur. Dan program ini tidak bisa dalam 5 tahun, mungkin tidak bisa dalam 10 tahun, mungkin harus baru bisa 20 tahun," dalam acara APEC BAC Indonesia: Optimisme dan Peluang Dunia Usaha dalam Menyongsong Pemerintahan Prabowo-Gibran di Hutan Kota by Plataran, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Proyek ini memiliki urgensi tinggi untuk segera dibangun lantaran permukaan air laut terus mengalami kenaikan, sementara proses pembangunannya sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama. Inti dari proyek ini ialah untuk melindungi pesisir utara Pulau Jawa.

Hashim menjelaskan, konsep tanggul laut diinisiasi sejak tahun 1994 oleh Bappenas mulanya sebagai solusi untuk menyelamatkan pesisir utara Jakarta. Namun Prabowo sendiri melihat bahwa urgensi pembangunan tanggul laut tidak hanya dirasakan di utara Jakarta, tetapi juga di sepanjang pesisir utara Pulau Jawa.

"Tapi ada apa, selama 10 tahun tidak ada kemajuan. Pak Prabowo ingin membangun Tanggul Laut Raksasa segera. Karena masalah yang dihadapi bukan hanya Jakarta saja, tapi seluruh pantai utara Pulau Jawa dengan mengancam tanah-tanah yang subur. Kita perkirakan bisa 40% sawah, lahan bisa tenggelam kalau kita tidak segera melindungi," paparnya.

Hashim menambahkan ke depan pengembangan program akan dilakukan program gabungan seperti partnership hingga kemitraan antara pemerintah dan swasta. Kesempatan itu juga dibuka tidak hanya untuk pihak swasta lokal tetapi juga asing.

"Dan dunia usaha swasta akan diundang untuk ikut pengembangan. Di sini mungkin kawan-kawan REI juga ikut serta, pasti Pak Prabowo sudah bilang pengembangan-pengembangan dari Hong Kong silahkan, dari Korea, dari Singapura, dari Dubai, dari Abu Dhabi, dari mana kalau mau bawa dana, bahkan dari Rusia pun welcome di Indonesia," kata Hashim.

(shc/hns)

Baca Juga

Komentar