Baru! Peserta Seleksi CASN 2024 Bisa Pakai Sertifikat SKD 2023 - CNBC Indonesia

 

Baru! Peserta Seleksi CASN 2024 Bisa Pakai Sertifikat SKD 2023

Jakarta, CNBC Indonesia - Proses seleksi calon aparatur sipil negara atau CASN 2024 bakal menggunakan konsep baru. Konsep baru ini diterapkan untuk tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Nantinya, peserta diberi pilihan untuk menggunakan nilai dalam sertifikat SKD jika pernah mengikuti tes pada 2023, atau mengikuti tes ulang.

"Jadi kalau mereka ikut SKD 2023 maka sertifikatnya bisa digunakan untuk SKD 2024," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen dalam agenda Sosialisasi Kebijakan Pengadaan CASN 2024 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), dikutip Kamis (8/8/2024).

Namun, penting dicatat, pemerintah tidak menggunakan mekanisme pemanfaatan nilai tertinggi milik peserta dalam skema tersebut.

Suharmen mengatakan, bila peserta memilih untuk menggunakan nilai dalam sertifikat SKD saat mengikuti seleksi tes sebelumnya, maka nilai itu yang akan dikompetisikan.

Bila peserta CASN memilih untuk mengikuti tes SKD lagi, makan nilai sertifikat yang diinput akan gugur, dan peserya akan bersaing skor dengan nilai hasil tes terbaru.

"Jadi kalau nilai SKD nya gunakan tahun sebelumnya lalu yang bersangkutan ikuti SKD lagi maka nilai SKD yang disertifikat gugur, maka yang bersangkutan akan ikut nilai SKD, jadi tidak ada memilih nilai SKD terbaik, pilihannya peserta ikut SKD atau tidak ikut SKD tapi gunakan sertifikatnya," ujar Suharmen.

Bagi peserta CASN yang ingin ikut tes SKD menggunakan nilai dalam sertifikat tes sebelumnya, maka dapat mengunduh pada laman https://sertificat.bkn.go.id/.

Sebagai informasi, berikut ini skenario jadwal linimasa atau timeline proses CASN khusus CPNS 2024 yang dikutip dari paparan BKN:

• Pengumuman, pendaftaran, seleksi administrasi: minggu ketiga Agustus - minggu kedua September 2024

• Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS: minggu kedua Oktober - minggu kedua November 2024

• Pengumuman hasil SKD CPNS: minggu kedua November 2024

• Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Computer-Assisted Test (CAT) dan Non-CAT: minggu ketiga November - minggu ketiga Desember 2024

• Pengumuman kelulusan akhir CPNS: minggu kedua - minggu ketiga Januari 2025

• Usulan penetapan nomor induk: minggu ketiga Februari - minggu ketiga Maret 2025


(arm/haa)

Saksikan video di bawah ini:

Siap-siap Pendaftaran CPNS 2024 Hingga Ukraina Terus Gempur Rusia

Next Article Soal Ujian SKD CASN 2024 Rampung, Ini Kisi-Kisinya! 

Baca Juga

Komentar