Penemuan Mikroplastik Pertama di Jantung Manusia yang Kejutkan Dunia - RRI

 

RRI.co.id - Penemuan Mikroplastik Pertama di Jantung Manusia yang Kejutkan Dunia

KBRN, Palu: Untuk pertama kalinya, mikroplastik yang biasa ditemukan pada kemasan makanan dan cat telah ditemukan di jantung manusia. Temuan yang mengkhawatirkan itu disusun oleh tim ilmuwan dari Rumah Sakit Anzhen di Beijing, Tiongkok.

Menurut laman Liputan6, para peneliti itu menganalisis jaringan jantung dari 15 pasien yang menjalani operasi kardiovaskular. Peneliti mengumpulkan dan menganalisis jaringan jantung pasien serta sampel darah dari separuh peserta.

Mereka mendeteksi puluhan hingga ribuan potongan mikroplastik individu di sebagian besar sampel jaringan dan menemukan sampel plastik di semua sampel darah, seperti yang dimuat New York Post.

Sembilan jenis plastik ditemukan di lima jenis jaringan jantung manusia. Studi ini juga menemukan bukti yang menunjukkan, bahwa beberapa mikroplastik secara tidak sengaja dimasukkan ke subjek selama operasi.

Plastik yang ditemukan di tiga bagian jantung yang berbeda termasuk poli (metil metakrilat). Jenis plastik ini biasa digunakan sebagai alternatif antipecah dari kaca.

Partikel-partikel ini menurut peneliti, tidak dapat dikaitkan dengan paparan yang tidak disengaja selama operasi. Mikroplastik, yang lebarnya kurang dari 5 milimeter atau seukuran penghapus pensil, dapat masuk ke tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan rongga tubuh lainnya. (UKJ'/KY)


Baca Juga

Komentar