AHY Ungkap Fokus Pembangunan Infrastruktur Kabinet Prabowo, IKN Termasuk?- inews

 

AHY Ungkap Fokus Pembangunan Infrastruktur Kabinet Prabowo, IKN Termasuk? - Bagian All

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan proyek infrastruktur yang menjadi fokus Presiden Prabowo Subianto. Menurutnya, proyek akan fokus di sektor pendidikan, kesehatan, pertanian, dan energi.

AHY menjelaskan, hal ini dalam rangka menunjang peningkatan kualitas SDM, misi swasembada pangan dan energi. Hal itu seperti cita-cita besar Prabowo dalam kepemimpinannya.

"Beliau (Prabowo) punya visi swasembada pangan, swasembada energi dan jangan lupa bahwa beliau juga sangat concern sangat menitik beratkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia," ucapnya di Kantor Kementerian Transmigrasi, Selasa (22/10/2024).

Menurutnya, arah pembangunan infrastruktur ke depan tidak boleh hanya dimanfaatkan oleh satu golongan tertentu saja. Namun, harus bisa bermanfaat bagi seluruh masayrakat dan memenuhi kebutuhan fundamental.

"Jadi artinya pembangunan infrastruktur menunjang sektor pendidikan, sektor pelayanan kesehatan termasuk juga peningkatan kesejahteraan artinya ekonomi rakyat termasuk para pelaku UMKM itu bisa semakin berdaya saing," tuturnya.

"Infrastruktur bukan hanya megah yang besar-besar, yang monumental, tapi juga infrastruktur desa untuk bisa membantu para petani kita, nelayan kita juga lebih produktif," ujar dia.

Sehingga pembangunan maupun renovasi, seperti sekolah, layanan kesehatan, bendungan serta jaringan irigasi untuk mendukung pertanian, akan banyak peran dari APBN atau pemerintah.  

"Kita ingin pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh wilayah, juga bisa menghadirkan sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru atau memperkuat apa yang sudah ada. Banyak sekali sebetulnya daerah-daerah potensial yang sulit berkembang karena infrastruktur atau fasilitas publiknya tidak memadai," kata AHY.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya