AS Peringatkan Iran di DK PBB: Jangan Serang Kami atau Israel! - Detik

 

AS Peringatkan Iran di DK PBB: Jangan Serang Kami atau Israel!

New York 

-

Giliran Amerika Serikat (AS) melontarkan peringatan kepada Iran saat pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) digelar pekan ini. Di hadapan anggota Dewan Keamanan PBB, Washington mengingatkan Teheran untuk tidak menyerangnya atau sekutunya, Israel.

Peringatan ini disampaikan oleh Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, saat berbicara dalam forum Dewan Keamanan PBB yang menggelar pertemuan pada Rabu (2/10) waktu setempat. Demikian seperti dilansir Reuters, Kamis (3/10/2024).

Pertemuan ini digelar dan dihadiri oleh 15 negara anggota Dewan Keamanan PBB setelah Israel menewaskan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah dan memulai serangan darat di Lebanon dan setelah Iran menyerang Tel Aviv dengan rentetan rudal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

AS sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan sekutu dekat Israel, menegaskan dukungannya untuk Tel Aviv selama ini bersifat defensif.

"Tindakan kami bersifat defensif," ucap Thomas-Greenfield dalam forum Dewan Keamanan PBB.

"Biar saya perjelas: Rezim Iran akan bertanggung jawab atas tindakannya. Dan kami sangat memperingatkan Iran -- atau proksinya -- agar tidak mengambil tindakan terhadap Amerika Serikat, atau tindakan lebih lanjut terhadap Israel," tegasnya.

Thomas-Greenfield menambahkan bahwa Dewan Keamanan PBB harus mengutuk serangan Iran terhadap Israel, dan menerapkan "konsekuensi serius" terhadap Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) atas tindakan mereka.

"Kita memiliki tanggung jawab kolektif, sebagai anggota Dewan Keamanan, untuk menjatuhkan sanksi tambahan kepada IRGC karena mendukung terorisme, dan karena mengabaikan begitu banyak resolusi Dewan Keamanan," cetusnya.

Turut memberikan pernyataan dalam forum ini, Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, melontarkan pujian untuk Iran atas pengendalian diri yang "luar biasa" dalam beberapa bulan terakhir.

Simak Video 'Pernyataan Iran Setelah Serang Israel, Tuding AS Sumber Konflik':

[Gambas:Video 20detik]

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Nebenzia berargumen bahwa serangan rudal Iran terhadap Israel tidak bisa "ditampilkan seolah-olah semua ini terjadi dalam ruang hampa, seolah-olah tidak ada yang terjadi -- dan tidak ada yang terjadi -- di Lebanon, dan Gaza, di Suriah, di Yaman".

"Tapi itu benar-benar terjadi, dan hal itu menyebabkan spiral baru yang sangat berbahaya, yaitu konflik Timur Tengah yang semakin meluas," sebut Nebenzia.

Iran-Israel Saling Lempar Ancaman di Dewan Keamanan PBB

Perwakilan diplomatik Iran dan Israel yang juga menghadiri pertemuan Dewan Keamanan PBB itu, saling melontarkan ancaman secara terang-terangan.

"Israel akan membela diri. Kami akan bertindak. Dan izinkan saya meyakinkan Anda, konsekuensi yang akan dihadapi Iran atas tindakan mereka akan jauh lebih besar daripada yang pernah mereka bayangkan," tegas Duta Besar Israel untuk PBB, Danny Danon, dalam forum Dewan Keamanan PBB, seperti dilansir Reuters.

Duta Besar Iran untuk PBB, Amir Saied Iravani, menegaskan bahwa serangan rudal pada Selasa (1/10) adalah "untuk memulihkan keseimbangan dan merupakan pencegahan". Teheran membenarkan serangannya sebagai pembelaan diri berdasarkan Pasal 51 Piagam PBB, dengan mengutip "tindakan agresif" Israel yang melanggar kedaulatan Iran.

Iravani juga mengatakan bahwa eskalasi lebih lanjut dapat dihindari jika Israel menghentikan perang di Jalur Gaza dan serangannya terhadap Lebanon.

"Iran sepenuhnya siap untuk mengambil langkah-langkah defensif lebih lanjut, jika diperlukan, untuk melindungi kepentingan sahnya dan mempertahankan integritas wilayah dan kedaulatannya terhadap segala aksi agresi militer dan penggunaan kekuatan ilegal," ucap Iravani dalam argumennya.

Simak juga Video 'Pernyataan Iran Setelah Serang Israel, Tuding AS Sumber Konflik':

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/idh)

Baca Juga

Komentar