DPR Resmi Tambah Komisi Jadi 13, Selaraskan dengan Jumlah Kementerian - Investor ID

 

DPR Resmi Tambah Komisi Jadi 13, Selaraskan dengan Jumlah Kementerian

Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2024. (Foto: Yustinus Patris Paat)

JAKARTA, investor.id – DPR telah sepakat menambah jumlah komisi DPR periode 2024-2029 menjadi 13 komisi, dari sebelumnya 11 komisi. Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, penambahan dua komisi ini diambil dalam rapat pimpinan (rapim) yang diikuti 8 fraksi.

"Alhamdulillah baru saja selesai melaksanakan rapim dan rapat konsultasi pertama setelah pelantikan. Ini sesuai dengan mekanismenya, ini kami baru selesai tadi menyepakati bersama dengan 8 fraksi yang ada di DPR bahwa ada penambahan 2 komisi di DPR," ujar Puan Maharani seusai rapim dan rapat konsultasi pimpinan DPR dan pimpinan fraksi di gedung DPR, Jakarta, Senin (14/10/2024). 

Puan mengatakan, penambahan komisi tersebut untuk menyesuaikan dengan langkah pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang berencana akan menambah jumlah kementerian. Menurut Puan, eksekutif dan legislatif perlu membangun kerja sama yang sinergis agar program-program bisa berjalan dengan baik.

"Ikut menyelaraskan atau mensinergikan dengan rencana dari pemerintah yang akan datang dengan penambahan kementerian-kementerian seperti direncanakan pemerintah, sehingga keselarasan sinergi antara para legislatif dan eksekutif," tandas Puan.

Terkait kementerian dan badan yang akan menjadi mitra komisi-komisi di DPR, kata Puan, masih menunggu pengumuman resmi dari pemerintah Prabowo-Gibran. Hanya saja, kata mitra dari Komisi X hingga Komisi XI, masih sama seperti periode sebelumnya.  

"Terkait dengan kementerian, kami masih menunggu dari pengumuman pemerintahan yang akan datang, bagaimana mitra-mitranya. Namun, sampai sekarang, Komisi I sampai Komisi XI masih tetap. Komisi XII dan XIII-nya akan menyesuaikan seperti apa kementerian yang akan diberikan kepada pemerintahan yang akan datang," jelas Puan.

Lebih lanjut, Puan mengatakan, selain menyepakati jumlah komisi, rapim juga menyepakati soal komposisi komisi-komisi tersebut, mulai dari jumlah anggota dan nama-nama pimpinannya.

"Alhamdulillah secara musyawarah dan mufakat kami bisa menyelesaikan secara baik, tenang, damai, adem ayem," tutur dia. 

Adapun menurut dia, nama-nama pimpinan komisi-komisi beserta mitranya bakal diumumkan pada Selasa (15/10/2024) pada saat Rapat Paripurna. Dia mengatakan setiap pimpinan fraksi partai politik di DPR RI akan mengumumkan sosok pimpinan komisi.

"Jadi itu hak dari setiap fraksi untuk mengumumkan, jadi bukan pimpinan yang akan mengumumkan," pungkas Puan.

Editor: Maswin (maswin.investorID@gmail.com)

Follow Channel Telegram Official kami untuk update artikel-artikel investor.id

Follow

Baca Berita Lainnya di Google News

Read Now

Berita Terkait


Berita Terkini


Baca Juga

Komentar