Tak Hanya Tambah Komisi jadi 13, DPR RI juga Resmi Bentuk Badan Aspirasi - Jawa Pos

 

Tak Hanya Tambah Komisi jadi 13, DPR RI juga Resmi Bentuk Badan Aspirasi - Jawa Pos

JawaPos.com - DPR RI periode 2024-2029 secara resmi telah membentuk badan baru, yakni Badan Aspirasi. Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut, pembentukan Badan Aspirasi untuk menampung suara dan keluhan masyarakat.

"Akan ada satu penambahan badan yang nantinya bertugas untuk menampung aspirasi masyarakat. Badan Aspirasi masyarakat," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10).

Pembentukan Badan Aspirasi itu disepakati dalam Rapat Pimpinan DPR, sekaligus Rapat Konsultasi bersama pimpinan fraksi-fraksi yang digelar hari ini. Dalam rapat itu, DPR juga menyepakati ada penambahan komisi dari 11 menjadi 13 komisi.

“Kami baru selesai tadi menyepakati bersama dengan 8 fraksi yang ada di DPR bahwa ada penambahan 2 komisi di DPR,” ucap Puan.

Puan menekanian, kesepakatan penambahan 2 komisi baru DPR itu untuk menyelaraskan atau menyinergikan kinerja lembaga legislatif dengan eksekutif. Diharapkan, DPR dapat melaksanakan fungsi legislasi, penganggaran, dan pengawasan dengan optimal.

"Penambahan 2 komisi di DPR untuk bisa ikut menyelaraskan atau menyinergikan dengan rencana pemerintah yang akan datang dengan penambahan kementerian-kementerian seperti yang direncanakan oleh pemerintah sehingga memang ada keselarasan dan sinergi antara legislatif dan eksekutif,” pungkas Puan.

Baca Juga

Komentar