DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan - Kompas

 

DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Budi Gunawan.

Keputusan ini diambil setelah DPR mengadakan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Herindra yang digelar secara tertutup, Rabu (16/10/2024).

"Ya, alhamdulillah baru saja kami pimpinan DPR bersama dengan tim perwakilan dari semua fraksi, 8 fraksi yang ada di DPR melakukan pertimbangan atau fit and proper terkait dengan calon kepala BIN atas nama Bapak Muhammad Herindra," kata Ketua DPR Puan Maharani, Rabu.

"Yang mana hasil dari tim pertimbangan tersebut menyatakan bahwa Bapak Muhammad Herindra sebagai satu satunya calon Kepala BIN, dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh presiden yang nantinya akan dilantik pada tanggal 20 Oktober yaitu Presiden Prabowo Subianto," ujar dia.

Baca juga: Dasco: Kalau Keburu, Pelantikan Herindra Jadi Kepala BIN 21 Oktober 2024

Selanjutnya, DPR akan mengadakan rapat paripurna pada Kamis (17/10/2024) besok untuk mengesahkan Herindra sebagai kepala BIN.

"Insyallah paripurna untuk menyatakan terkait dengan kesiapan bahwa calon kepala BIN yang akan datang ini kita akan lakukan paripurnanya besok, hari Kamis," kata Puan.

Kemudian, pimpinan DPR juga akan mengirimkan surat kepada pemerintah mengenai persetujuan terhadap M. Herindra.

Sementara itu, pelantikan Herindra sebagai kepala BIN akan menjadi ranah pememrintah untuk memutuskan.

"Setelah ini saya atau pimpinan DPR berkirim surat kepada pemerintah. Bahwa nanti pelantikannya itu kapan, ya kami akan serahkan kepada pemerintah," ujar Puan.

Baca juga: Profil M Herindra, Kepala BIN Baru Pengganti Budi Gunawan

Puan pun menitipkan pesan kepada Herindra sebagai Kepala BIN baru untuk menjaga stabilitas dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Bagaimana kemudian tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia ini bisa berjalan sebagaimana satu negara yang memang utuh dan menjaga konsistensi bagaimana sebagai tupoksinya, BIN bisa bekerja secara netral," kata dia.

"Kemudian tentu saja bekerja untuk bukan ke dalam saja, tapi juga menjaga tugas tupoksinya itu keluar negeri," imbuh dia.

Baca juga: Sufmi Dasco: DPR Hubungi Langsung Presiden RI Terpilih untuk Upayakan Kesejahteraan Hakim Indonesia

Herindra merupakan satu-satunya calon Kepala BIN yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Budi Gunawan.

Herindra sebelumnya sudah dipanggil oleh presiden terpilih Prabowo Subianto ketika Prabowo memanggil para calon menteri, Senin (14/10/2024).

Selain itu, Budi Gunawan juga disebut menghadiri pembekalan bagi para calon menteri Prabowo di Hambalang, Bogor, Rabu hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar