Gerindra Sebut Megawati Tetap Akan Bertemu Prabowo meski PDI-P Tak Masuk Kabinet - Kompas

 

Gerindra Sebut Megawati Tetap Akan Bertemu Prabowo meski PDI-P Tak Masuk Kabinet

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Gerindra menyampaikan bahwa pertemuan antara Presiden RI Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri tetap akan terjadi.

Pertemuan disebut bakal tetap dijadwalkan kendati tidak ada nama kader PDI-P dalam susunan kabinet perdana Prabowo.

"Ya, rencananya masih begitu. Ibu Mega juga akan tetap bertemu dengan Presiden Prabowo Subianto," ujar Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, kepada wartawan selepas pelantikan Prabowo pada Minggu (20/10/2024).

Namun, Muzani tak menyebutkan kapan pertemuan itu dijadwalkan.

Baca juga: PDI-P Tak Setor Nama Masuk Kabinet, Gerindra: Bukan Berarti Oposisi

"Kapan pertemuannya, ya nanti akan dicocokkan dengan waktu dan kegiatan kedua beliau," ujar dia.

Muzani mengeklaim bahwa sikap PDI-P sudah disampaikan kubu partai berlogo banteng itu pada 2-3 hari lalu.

PDI-P, meskipun tak menempatkan kadernya di kabinet, disebut bukan berarti beroposisi terhadap pemerintahan Prabowo.

"Bagi PDI Perjuangan itu tidak berarti oposisi. PDI Perjuangan tidak mengenal oposisi tapi juga tidak mengenal koalisi," ujar Muzani.

Baca juga: Megawati Disebut Sudah Siapkan Waktu untuk Bertemu Presiden Prabowo

"Koalisi tidak berarti harus menaruh menteri di dalam pemerintahan. Oposisi tidak harus menaruh, oposisi tidak harus mengambil jarak dengan pemerintahan," lanjut dia menyampaikan sikap PDI-P.

Itu sebabnya, lanjut dia, meskipun Megawati tidak hadir dalam pelantikan Prabowo hari ini, namun presiden kelima RI itu memerintahkan 110 anggota fraksi PDI-P di MPR RI untuk menyukseskan pelantikan dan hadir pada hari ini.

"Dan alhamdulillah teman-teman PDI-P 110 hadir dan kami mengucapkan terima kasih karena kami merasakan ada kehangatan, ada kebersamaan yang luar biasa dalam sidang paripurna MPR yang baru saja berlangsung," ungkap ketua MPR RI itu.

Wacana pertemuan Prabowo dan Megawati sudah didengungkan sejak lama, tetapi tidak kunjung terealisasi.

Prabowo sempat melontarkan harapan agar ia bisa bertemu Megawati sebelum dilantik sebagai presiden pada Minggu hari ini, tetapi kenyataannya pertemuan belum terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar