Link Live Streaming Kompas TV, TV One, TVRI, RCTI dll Pelantikan Presiden Prabowo, Cek Jadwalnya - Halaman all - Banjarmasinpost

 

Link Live Streaming Kompas TV, TV One, TVRI, RCTI dll Pelantikan Presiden Prabowo, Cek Jadwalnya - Halaman all - Banjarmasinpost

BANJARMASINPOST.CO.ID - Berikut adalah link Live Streaming TV Online TVRI, Kompas TV, TV One, Inews TV, RCTI hingga CNN untuk menyaksikan pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka,  Minggu, 20 Oktober 2024.

Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka akan disiarkan langsung dan live streaming di hampir seluruh televisi nasional dan swasta seperti RCTI, TVRI, Kompas TV, TV One, Inews TV higgga CNN. Sebagian besar akan memulai live-nya sejak pagi pukul 10.00 WIB.

Link Live Streaming TVRI,  Kompas TV, TV One, Inews TV hingga CNN untuk menyaksikan pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka bisa diakses di berita ini.

Kanal Youtube Banjarmasin Post juga akan menyiarkan langsung pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming raka.

Minggu, 20 Oktober 2024, akan jadi hari bersejarah buat seorang Prabowo Subianto.

Besok, Prabowo Subianto yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) akan dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 mengganti atasannya di pemerintahan, Joko Widodo (Jokowi) yang habis masa jabatannya (2014-2019 dan 2019-2024).

Minggu besok menjadi sejarah lantaran seorang Prabowo Subianto baru bisa menjadi orang nomor 1 Indonesia setelah empat kali gagal dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Baca juga: Hanif Faisol Menteri LHK? Ini Nama-nama yang Disebut Sudah Amankan Kursi di Kabinet Prabowo-Gibran

Baca juga: Daftar Pemimpin Dunia Pastikan Hadir di Pelantikan Prabowo, Sebagian Telah Mendarat di Indonesia

Pertama, Prabowo gagal saat mencalonkan diri sebagai bakal calon presiden (capres) dari Partai Golkar pada konvensi Capres Golkar tahun 2004. Meskipun lolos, Prabowo kalah suara oleh Wiranto.

Kedua, lewat Partai Gerindra yang didirikannya, Prabowo kembali mencalonkan diri sebagai capres pada Pilpres 2009. Niatnya menjadi capres gagal lantaran harus mengalah menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Ketua Umum PDIP Megawati setelah negosiasi alot kedua pihak.

Meski begitu, pada Pilpres 2009, Megawati-Prabowo kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

Ketiga, Prabowo Subianto kembali mencoba peruntungan sebagai capres dengan pasangan Hatta Rajasa pada Pilpres 2014. Lagi, pasangan tersebut juga gagal setelah kembali menelan kekalahan dari pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Dan keempat, Prabowo Subianto kembali menelan kekalahan dari seorang Jokowi setelah kembali maju sebagai capres dengan pasangannya, Sandiaga Uno, pada Pilpres 2019. Saat itu, Jokowi menggandeng Ketua Majelis UIama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin.

Peruntungan itu akhirnya datang ke mantan Danjen Kopassus TNI AD sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra itu setelah dirinya bergabung ke pemerintahan Jokowi sebagai Menhan dan maju menjadi capres pada Pilpres 2024.

 Menggandeng putra bungsu Preiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Prabowo memenangi Pilpres 2024 dengan mengalahkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Suka cita dan rasa syukur bagi seorang Prabowo lantaran dirinya akhirnya bisa menjadi Presiden RI setelah penantian panjangnya.

Berikut serba-serbi jelang pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI:

Pesan Maung Limo dari Pindad

Ada yang bakal berbeda dengan mobil kepresidenan setelah Prabowo Subianto resmi dilantik sebagai Presiden ke-8 RI pada Minggu, 20 Oktober 2024. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tribunnews, Prabowo akan merubah warna iring-iringan mobil kepresidenan menjadi serba putih. Diketahui, iring-iringan mobil Presiden saat ini, Jokowi adalah serba hitam. Pun demikian dengan beberapa iring-iringan mobi presiden sebelumnya.

Salah satu mobil rangkaian warna putih yang akan digunakan nanti sempat terparkir di halaman lobby belakang Kementerian Sekretariat Negara. 

Selain itu, mobil dinas yang akan ditumpangi Prabowo saat menjadi presiden juga berbeda.

Saat ini, mobil dinas kepresidenan yang digunakan Presiden Jokowi adalah Mercedes-Benz S600 Guard, Innova Zenix, Toyota Land Cruiser 200, Toyota Alphard, dan Lexus LX570. Seluruhnya berwarna hitam.

Namun, mobil dinas utama yang kerap digunakan Jokowi sejak tahun 2019 hinga 2024 yakni Mercedes-Benz S600 Guard.

 Sejumlah kendaraan produk PT Pindad jenis Maung yakni kendaraan taktis ringan 4x4 untuk mendukung operasi pertempuran jarak dekat dan jelajah medan sulit. (pindad.com)
Dari informasi yang dihimpun Tribunnews, ada pesanan beberapa mobil berwarna putih di PT Pindad (Persero) untuk mobil kepresidenan. Namun, pihak PT Pindad sendiri menolak menjawab pertanyaan saat dikonfirmasi mengenai hal itu.

Mobil yang diduga menjadi calon kendaraan kepresidenan Prabowo Subianto itu disebut-sebut merupakan "Maung Limo", yang pada dasarnya tergolong sebagai kendaraan militer.

Jas Kebesaran

Selain kendaraan, ada juga jas yang telah disiapkan yang akan dikenakan Prabowo pada hari pelantikan diirnya sebaagai Presiden RI pada Minggu, 20 Oktober 2024. 

Penjahit pribadi Prarbowo, Yasbun alias Pak Bun mengatakan, Prabowo memang tidak memesan khusus baju untuk pelantikan Presiden.

Namun, dirinya telah menyiapkan tiga setelan jas khusus untuk dikenakan Prabowo ketika pelantikan. Ketiga jas yang dibuatnya disesuaikan dengan warna kesukaan dan pakaian yang kerap digunakan Prabowo, yakni warna hitam, biru dongker, dan abu-abu. 

”Tiga jas sudah selesai saya jahitkan,” kata Pak Bun saat sesi wawancara dengan Tribunnews, Kamis (17/10/2024).

“Nanti terserah ke Bapak mau kenakan yang mana, senyamannya Bapak saja,” tuturnya.

Pak Bun mengungkapkan, Prabowo selama ini sangat nyaman dengan ukuran baju yang besar serta ukuran bahan di lengan hingga bagian ibu jari.

“Selera Pak Prabowo yang penting sederhana, dan nyaman. Beliau tidak pernah minta yang macam-macam. Intinya, yang penting nyaman,” ungkapnya.

Pesta Rakyat Sepanjang Sudirman-Thamrin

Untuk menyambut pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, bakal didirikan sebanyak 13 panggung pesta rakyat di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada 20 Oktober 2024.

Dalam acara pesta rakyat ini juga menghadirkan doorprize, hiburan musik, stand makanan rakyat, pameran UMKM, dan bazaar.

Sejumlah artis dan band papan atas akan memeriahkan acara Pesta Rakyat pelantikan Prabowo-Gibran ini.

Namun, Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menjelaskan pesta rakyat akan berlangsung dari Minggu pagi hingga sore hari. Namun, jumlah panggung yang didirikan ada tujuh. Nama panggung bernuansa Nusantara, yakni nama-nama pulau di Indonesia.

"Ada 7 panggung, dan di sepanjang jalan itu akan ada makan dari UMKM di pinggir-pinggir jalan, kaki lima di-input dengan bagus. Apalagi pada hari itu kebetulan hari Minggu, hari car free day, itu semua sampai sore ada di situ. Makan gratis dan sambil ada pesta rakyat," kata Nusron Wahid di Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Panggung kesatu di depan Gedung BRI Tower, Jalan Sudirman, yang bakal diramaikan band Kotak dan Melody Band.

Panggung kedua di pertigaan Jalan Karet, Pasar Baru Timur, akan dimeriahkan David Bayu 'Naif' dan Iis Dahlia.

Lalu, panggung ketiga di Dukuh Atas depan Gedung BNI Tower akan diramaikan oleh artis Happy Asmara dan Oom Leo Berkaraoke featuring Bisma Kharisma, dengan pembawa acara artis Ayu Dewi.

Panggung keempat di Bundaran Hotel Indonesia akan dimeriahkan Nella Kharisma, Ayu Ting-Ting, dan Chaplin Band.

Panggung kelima di pertigaan depan gedung Thamrin Jaya akan diramaikan pedangdut Via Vallen.

Kemudian, panggung keenam di Bundaran Patung Kuda akan diisi oleh grup vokal RAN, Mendadak Koplo, dan Kanda Brothers.

Terakhir, panggung tujuh bernama Panggung IKN berada di Taman Pandang Istana (pintu masuk Monas) yang akan dimeriahkan oleh Dewa 19.

Usai resmi dilantik, Prabowo-Gibran dijadwalkan akan menghampiri satu per satu panggung 'Pesta Rakyat' di sepanjang Jalan Sudirman hingga Istana Merdeka.

"Mas Gibran dan Pak Prabowo nanti diagendakan pulang dari DPR akan menyambangi panggung satu per satu, menyapa satu per satu," kata Nusron.

Link Streaming:

TVRI

Kompas

Metro

Inews

CNN

Youtube Banjarmasin Post

RCTI

Berikut titik lokasi panggung pesta rakyat: 

Sesi Pagi: 08.30 WIB

1. Area FX Sudirman

Opsi Pengisi Acara: J-Rocks, ADA Band, Govinda

Kegiatan: Senam Pagi, Games Doorprize, Booth Jajajan serba 5 Ribu dan Photobooth

2. Area Gate 7 GBK

Opsi Pengisi Acara: Kelompok Pemuja Koplo
Kegiatan: Zumba/Pound Fit, Games Berhadiah, Hiburan

Sesi Siang: 10.00 WIB

1. Area Gate 7 GBK

Opsi Pengisi Acara: Kelompok Pemuja Koplo
Kegiatan: Zumba/Pound Fit, Games Berhadiah, Hiburan

2. Area Intiland (PIC Non BUMN) 

3. Area Stasiun MRT Setiabudi Astra

Opsi Pengisi Acara: Obbie Asik Band
Kegiatan: Bazaar UMKM Telkom, Games Doorprize, Hiburan

4. Area Graha BNI Dukuh Atas

Opsi Pengacara: Happy Asmara, Yura Yunita, Om Leo Berkaraoke feat Bisma, Andre Taulany dipandu Vincent dan Desta

Kegiatan Program: Program CSR BNI Pembagian Pohon, Sport Zumba/Pound Fit, Panggung Hiburan dan UMKM

5. Area Grand Hyatt Bundaran HI

Opsi Pengisi Acara: Nella Kharisma, Chaplin Band
Kegiatan: Panggung Hiburan Pesta Rakyat, Pasar Murah Bazaar UMKM Binaan

6. Area Setelah Kedutaan Jepang

Opsi Pengisi Acara: Leon and Frieds

Kegiatan: Bazzar Pasar Murah UMKM, Doorprize and Games, Panggung Hiburan, Karnival Jember Fashion Performance, Perkusi Tradisional

7. Area Patung Kuda

Opsi Pengisi Acara: Wali Band, RAN, El Corona

Kegiatan: Festibal UMKM BSI, Doorprize and Games, Panggung Hiburan, Cek Kesehatan Gratis, Angklung Jalanan dan Rampak Kendang

8. Area Depan Museum Nasional

Opsi Pengisi Acara: Kokom Band

Kegiatan; Doorprize and Games, Panggung Hiburan

Sesi Sore: 14.00 WIB

1. Area Patung Kuda

2. Area Anjungan Sarinah

Opsi Pengisi Acara: TMII Traditional Dance Parade, Kord Band (Band Top 40)

Kegiatan: Traditional Dance Flash Mob, Cherring Board, Fun Activities, Bazzar Kuliner UMKM Indonesia, Live Streaming Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

3. Area Depan Mandarin Oriental Hotel (PIC Non BUMN)

4. Area Depan Chillax 

Opsi Pengisi Acara: Musisi Jalanan Kolintang dan Angklung

Kegiatan: Festival Jajanan Rakyat, Panggung Rakyat, Atraksi Budaya Jalanan, Pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter, Live Streaming pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jelang Prabowo jadi Presiden: Maung Limo, Jas Kebesaran, Istana Bersolek hingga Pesta Rakyat, https://www.tribunnews.com/nasional/2024/10/19/jelang-prabowo-jadi-presiden-maung-limo-jas-kebesaran-istana-bersolek-hingga-pesta-rakyat?page=all

Sumber: Tribunnews

Baca Juga

Komentar