Pemerintah Buka Kesempatan Investor Luar Negeri Ikut Tender Pembangunan Kereta IKN - Kompas

 

Pemerintah Buka Kesempatan Investor Luar Negeri Ikut Tender Pembangunan Kereta IKN

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal mengungkapkan, pemerintah membuka kesempatan bagi investor luar negeri untuk ikut serta dalam tender pembangunan kereta api di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

“Ini akan kita lelang karena tidak membeli kereta, tapi seperti by do service. Ini akan kita lelang dari pihak ketiga luar negeri,” ujarnya usai menghadiri pameran foto Stasiun Perkeretaapian di Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Saat ini, pemerintah telah menyiapkan anggaran yang akan digunakan untuk proyek tersebut.

Baca juga: Pemerintah Bakal Bangun Kereta Api di IKN, Simak Bocorannya

Berdasarkan catatan Kompas.com, estimasi biaya investasi untuk pembangunan infrastruktur kereta bandara di IKN mencapai 3,2 miliar dollar AS, yang mencakup biaya pembangunan immersed dan approach tunnel.

Sementara itu, untuk rangkaian kereta atau lokomotif kereta bandara, dibutuhkan biaya sebesar 121 juta dollar AS.

Dengan adanya kereta bandara ini, perjalanan dari Bandara Sepinggan menuju KIPP dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 34,6 menit.

Proyek kereta api ini direncanakan akan dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, dengan target operasional komersial pada tahun 2029.

Proses konstruksi diperkirakan berlangsung antara tahun 2027 hingga 2028.

Baca juga: Menhub dan Bos CRIC Bahas Peluang Kerja Sama Bangun Kereta Api di IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar