Prabowo Ucapkan Terima Kasih kepada Soekarno hingga Jokowi - Beritasatu

 

Prabowo Ucapkan Terima Kasih kepada Soekarno hingga Jokowi

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada para presiden Indonesia terdahulu yang telah memimpin negara. Ungkapan tersebut disampaikan Prabowo saat menutup pidato perdananya sebagai presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, pada Minggu (20/10/2024).

ADVERTISEMENT

“Kita bersyukur kepada presiden dan proklamator pertama, Bung Karno, yang telah memberikan kita ideologi negara, Pancasila. Bung Karno, Hatta, dan Syahrir adalah para pemimpin bangsa yang telah berkorban dan memimpin kita dengan baik,” kata Prabowo.

“Kita juga berterima kasih kepada Presiden Soeharto, yang banyak jasanya dalam menjaga dan mengamankan ideologi Pancasila serta menetapkan dasar bagi Indonesia yang modern,” ungkap Prabowo.

Presiden Prabowo juga mengenang jasa dari Presiden ke-3 BJ Habibie dan Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Kita berterima kasih kepada Presiden BJ Habibie yang telah meletakkan dasar bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kepada Presiden Abdurrahman Wahid, yang menunjukkan contoh toleransi antara agama dan suku, serta mendukung keberagaman yang inklusif di Indonesia,” ungkapnya.

Presiden Prabowo juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Megawati Soekarnoputri. Prabowo menilai Megawati telah berhasil menyelesaikan masalah ekonomi akibat krisis 1998.

“Di bawah pemerintahannya, banyak perusahaan yang hancur dapat diperbaiki dan diselamatkan,” tambahnya.

Prabowo tak lupa menyampaikan penghargaan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang memimpin Indonesia di masa krisis berat, termasuk menghadapi tsunami dan menyelesaikan konflik di Aceh.

“Ini adalah prestasi yang harus kita akui,” tegas Prabowo.

Prabowo kemudian mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Prof Ma'ruf Amin.

“Terima kasih atas kepemimpinan Bapak yang telah menavigasi bangsa ini melalui krisis-krisis yang sangat berat,” ujarnya.

Prabowo juga mengenang saat dirinya masih menjabat menteri pertahanan Kabinet Indonesia Maju dan menjadi saksi bagaimana Presiden Jokowi berhasil memimpin negeri ini melalui pandemi Covid-19.

“Jangan kita lupakan prestasi pemimpin-pemimpin kita. Terima kasih Pak Jokowi, terima kasih Prof Ma'ruf Amin. Anda telah berjasa dan akan dikenang sebagai putra terbaik Indonesia,” ungkap Prabowo.

Di akhir pidatonya, Prabowo memohon doa dari semua pihak dan mengajak untuk membangun Indonesia di atas landasan yang telah dirintis oleh pendahulu.

“Saudara-saudara sekalian, kami siap melanjutkan estafet kepemimpinan. Kita siap bekerja keras menuju Indonesia Emas, menjadi bangsa yang kuat, merdeka, berdaulat, adil, dan makmur,” tutup Prabowo.

Baca Juga

Komentar