Presiden Prabowo Ajak Jajaran Kabinet Merah Putih Memaknai Perjuangan di Lembah Tidar - Tribunjogja

 

Presiden Prabowo Ajak Jajaran Kabinet Merah Putih Memaknai Perjuangan di Lembah Tidar - Tribunjogja

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG-- Presiden Prabowo Subianto menggelar acara Jamuan Santap Malam Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil), Kawasan Lembah Tidar, Magelang, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat (25/10/2024). 

Acara yang digelar setelah Upacara Parade Senja ini dihadiri segenap jajaran kabinet, para pemimpin TNI-Polri, taruna Akademi Militer, hingga para jurnalis.

Presiden Prabowo, dalam sambutannya menjelaskan, makna dan nilai sejarah Lembah Tidar sebagai simbol perjuangan panjang bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. 

Kepala Negara mengingatkan bahwa tempat tersebut pernah menjadi saksi sejarah perlawanan terhadap penjajah yang dilakukan Sultan Agung maupun Pangeran Diponegoro.

"Saya sengaja memilih Lembah Tidar untuk mengajak pimpinan pemerintah Republik Indonesia untuk lima tahun yang akan datang, saya jelaskan kepada mereka bahwa Lembah Tidar ini bagian dari suatu wilayah perjuangan panjang," katanya. 

Baca juga: Serangan Israel Sasar Fasilitas Militer Iran

Prabowo mengenang Bukit Tidar dalam legenda sebagai 'paku' Pulau Jawa dan simbol keteguhan hati para taruna dan alumni Akademi Militer, tiga angkatan, dan kepolisian yang telah menapakinya. 

Presiden menegaskan bahwa profesi militer adalah profesi yang dipilih untuk pengabdian dan berbakti kepada bangsa.

"Ini adalah pusatnya ksatria-ksatria. Karena ksatria adalah mereka yang dari sejak remaja memilih hidup dalam pengorbanan," ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Prabowo memperkenalkan beberapa alumni terbaik dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara, Akademi Angkatan Laut, hingga Akademi Kepolisian yang kini menduduki jabatan strategis di Kabinet Merah Putih. 

Di antaranya, enam alumni Adhi Makayasa yang kini mengemban peran penting dalam kabinet, termasuk Jenderal bintang empat dan peraih prestasi luar biasa lainnya.

"Di kabinet saya, terdiri juga dari beberapa alumni dan saya bersyukur, saya beruntung saya mendapat alumni yang terbaik yang masuk kabinet saya," kata Presiden. 

Sebagai bentuk apresiasi atas semangat dan kedisiplinan para taruna yang telah mengikuti Upacara Parade Senja, Presiden Prabowo menginstruksikan kepada para pimpinan akademi untuk memberikan libur khusus kepada taruna yang hadir. Kendati demikian, Presiden mengingatkan para taruna untuk tetap belajar selama liburan berlangsung.

"Tapi tidak berarti nilai kamu harus jelek, semakin dikasih libur, semakin belajar lebih keras," ujar Prabowo. 

Di akhir sambutan, Presiden Prabowo menyampaikan pesan kuat mengenai prinsip kepemimpinan yang harus dipegang teguh. Ia menekankan bahwa pemimpin sejati harus merasakan dan berbagi beban yang dirasakan oleh anak buahnya, sesuai prinsip 'Ingarso Sung Tulodo'. 

"Kalau anak buah basah, pimpinan harus basah. Kalau anak buah kepanasan, pimpinan harus kepanasan. Kalau anak buah lapar, pemimpin harus merasakan lapar juga. Itu adalah azas kepemimpinan kita," ujar dia. 

Jamuan santap tidak hanya menjadi momentum silaturahmi antara pemimpin negara dan generasi muda, tetapi juga wujud apresiasi terhadap para pemimpin masa depan bangsa yang siap mengabdi untuk Indonesia. 

Dengan semangat juang yang diwariskan, Presiden Prabowo berharap generasi penerus tetap menjaga nilai-nilai kepahlawanan dan kepemimpinan yang kokoh demi masa depan bangsa. 

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya