Qatar hingga China Siap Jadi Investor Program 3 Juta Rumah Prabowo - IDX Channel

 

Qatar hingga China Siap Jadi Investor Program 3 Juta Rumah Prabowo - Bagian all

Hashim menjelaskan sejauh ini skema yang ditawarkan berbentuk investasi langsung.

Qatar hingga China Siap Jadi Investor Program 3 Juta Rumah Prabowo. Foto: MNC Media.

Qatar hingga China Siap Jadi Investor Program 3 Juta Rumah Prabowo. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Ketua Satgas Perumahan sekaligus adik kandung Presiden Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, mengungkapkan ada tiga negara yang siap membiayai sektor perumahan di Indonesia.

Tiga negara tersebut yaitu Uni Emirate Arab (UEA), Qatar, dan China. Negara-negara tersebut, sudah sempat ditemui Hashim dan berkomitmen membiayai pembangunan program 3 juta rumah Prabowo-Gibran.

"Kita tarik investasi dari beberapa negara. Untuk perumahan, saya bisa melaporkan bahwa saya sudah bertemu dengan pemerintah UEA yang tertarik untuk membiayai perumahan. Kemudian ada Qatar dan dari China," ujar Hashim di Menara Kadin, Rabu (23/10/2024).

Hashim menjelaskan sejauh ini skema yang ditawarkan berbentuk investasi langsung. Harapannya dengan adanya bantuan pembiayaan ini bisa mendorong percepatan penyediaan hunian di Indonesia.

"So, ada tiga penyandang dana bisa membiayai perumahan, ini inflow investment untuk perumahan, bisa jadi stimulus untuk ekonomi," tuturnya.

Hashim yakin sektor perumahan memiliki kontribusi besar untuk mendongkrak perekonomian nasional karena berkaitan dengan banyak industri pendukung.

Mulai dari furniture, hingga material yang akan dibeli dari para pengusaha dalam negeri.

China, kata Hashim, menjadi salah satu percontohan di mana sektor perumahan menjadi kontributor terbesar terhadap GDP negara tirai bambu tersebut. Bahkan, 35 persen GDP China disumbang dari sektor properti.

"Di China, sebelum mereka crash ketika ada Evergrande dan lain-lain, China mengalami peningkatan pesat selama 35 tahun, dan sektor perumahan di China 35 persen dari GDP, kita baru 14 persen," kata Hashim.

(NIA DEVIYANA)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya