Waspada Parotitis atau Gondongan pada Anak - RRI

 

RRI.co.id - Waspada Parotitis atau Gondongan pada Anak

KBRN, Ternate: Waspada penyakit gondongan atau parotitis yang dapat menyerang anak-anak. Penyakit ini merupakan penyakit menular, disebabkan  virus paramyxovirus yang menyerang kelenjar ludah (parotis) di bawah telinga.

Kepada rri.co.id Sabtu (19/10/2024) Dokter Tuthanurani Nachrawy mengatakan masyarakat Maluku Utara lebih mengenal gondongan dengan sebutan bangka babi yang dapat mengakibatkan sakit ketika mengunyah, bengkak di bawah telinga, demam, sakit kepala, pusing serta hilangnya nafsu makan.

"Dalam tiga minggu terakhir, setiap hari ada dua atau tiga anak yang terkena parotitis" kata dokter Titi, sapaannya. 

Parotitis atau gondongan ditandai dengan pembengkakan pada kelenjar ludah di salah satu atau kedua sisi wajah, dan bisa juga muncul benjolan di leher. Meski penyakit ini dapat sembuh dalam waktu satu sampai dua minggu, penderita parotitis diharapkan dapat memeriksakan kondisi ke fasilitas pelayanan kesehatan agar mendapatkan pengobatan yang sesuai.

"Karena masih ada masyarakat kita yang mengobati parotitis menggunakan semacam campuran detergen berwarna biru. Itu jangan lagi dilakukan tapi harus periksa ke dokter" ucapp Dokter Titi.

Ia pun berpesan kepada orang tua, jika ada anak usia sekolah yang terkena parotitis sebaiknya anak tersebut beristirahat di rumah hingga sembuh, karena penyakit ini bisa menular dan menginfeksi siswa yang lain.


Baca Juga

Komentar