Airshow China 2024: Untuk pertama kalinya Rusia pamerkan mesin 177S generasi kelima untuk jet tempur dan mesin-mesin inovatif lainnya - Airspace Review

 

Airshow China 2024: Untuk pertama kalinya Rusia pamerkan mesin 177S generasi kelima untuk jet tempur dan mesin-mesin inovatif lainnya

  / 
by
Mesin 177S generasi kelima Rusia dipamerkan di Airshow China 2024
UEC

AIRSPACE REVIEW – United Engine Corporation, bagian dari perusahaan negara Rusia Rostec, memamerkan pertama kalinya di Airshow China 2024 mesin 177S generasi kelima sebagai mesin yang andal untuk jet tempur.

Perusahaan menyebut mesin 177S sangat efisien dan meningkatkan jangkauan terbang pesawat taktis operasional.

Mesin ini memiliki karakteristik yang lebih baik dan pengurangan konsumsi bahan bakar di semua mode operasi yang secara otomatis memungkinkan pengurangan biaya operasi.

Selain itu, mesin 177S menyediakan peningkatan konsumsi energi untuk menyalakan sistem elektronik pesawat modern dan meningkatkan jangkauan terbang pesawat.

Selain memamerkan mesin 177S, UEC untuk pertama kalinya juga memamerkan model ukuran penuh dari mesin AL-31FN seri 5 dan SM-100 baru. Kedua mesin menggunakan teknologi dan material yang khas untuk mesin generasi kelima.

Mesin SM-100 telah dikembangkan dalam ukuran AI-225-25 dan memiliki bobot yang lebih rendah serta kekuatan dorong yang meningkat sepertiga – hingga 3.300 kgf.

Solusi desain baru ini memungkinkan untuk meningkatkan masa pakai mesin secara signifikan sekaligus mengurangi kebutuhan kekuatan dorong, yang mengurangi biaya pengoperasian.

Mesin SM-100 juga dapat dimodifikasi untuk digunakan bagi kendaraan udara tak berawak ketinggian tinggi.

Sementara mesin seri keluarga AL-31F/FN/FP untuk pesawat tempur multiperan telah menerima tampilan yang dimodernisasi dalam seri 5.

Modifikasi baru mesin AL-31FN dikembangkan khusus untuk pesawat bermesin tunggal dan telah meningkatkan keandalan.

Penggunaan mesin tersebut akan memperluas potensi pesawat dalam hal jangkauan terbang dan ketinggian. Hal ini dipastikan dengan peningkatan kekuatan dorong hingga 14 ribu kgf dalam mode lepas landas dan konsumsi bahan bakar berkurang sebesar 6%.

CEO UEC Alexander Grachev mengatakan, mesin-mesin yang dipamerkan UEC di Airshow China 2024 merupakan mesin-mesin dengan solusi desain yang inovatif.

“Perancang UEC menggunakan teknologi dan material terkini saat menciptakan mesin modern, dan yang terpenting, pendekatan baru. Mesin yang dihadirkan di China dapat diklasifikasikan sebagai generasi kelima dalam banyak karakteristik. Selain itu, solusi desain yang inovatif memungkinkan mesin tersebut dioptimalkan sesuai kebutuhan pelanggan dan memperluas jangkauan opsi,” ujarnya.

Grachev menambahkan, keunggulan yang tidak diragukan dari mesin Rusia yang baru adalah kemampuan untuk meningkatkan mesin generasi sebelumnya ke versi paling modern. Masa pakai atau kekuatan dorong dari mesin ini telah ditingkatkan.

Di Airshow China 2024, UEC juga memamerkan model ukuran penuh dari mesin VK-1600V baru untuk helikopter menengah dan turboprop TV7-117ST-01 dan pesawat regional.

Mesin hibrida-listrik yang didasarkan pada mesin pesawat VK-650V baru juga dipamerkan. Selain itu, perusahaan pembuat mesin Rusia ini juga memamerkan mesin turbofan RD-93MA yang dimodernisasi dengan karakteristik kinerja yang ditingkatkan. Mesin ini memiliki daya dorong telah ditingkatkan sebesar 400 kgf, dan masa pakai yang ditetapkan telah ditingkatkan sepertiga.

Perusahaan juga untuk pertama kalinya memamerkan di luar negeri bilah kipas mesin PD-35 ukuran penuh yang terbuat dari material komposit polimer. Beratnya 30% lebih ringan dari bilah kipas yang terbuat dari titanium.

UEC telah mengembangkan mesin demonstrator teknologi PD-35 pertama di Rusia dan menggunakan material serta teknologi terkini dalam pembuatannya.

Selama pengujian, mesin ini menunjukkan performa operasi yang stabil saat mencapai daya dorong desain sebesar 35 ton. (RNS)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya