Kisah Sukses Pengusaha Batik Suci Wijayanti, Modal Rp150.000 Dirikan Brand Sakera
Hingga hari ini Batik Sakera masih eksis. Batik Sakera memiliki toko di Pacific Place, Jakarta. Batik Sakera didirikan Suci dengan modal Rp150.000 saja.
Kisah Sukses Pengusaha Batik Suci Wijayanti, Modal Rp150.000 Dirikan Brand Sakera. (Foto: Website/Suci Wijayanti)
IDXChannel—Kisah sukses pengusaha batik dalam artikel ini akan mengisahkan perjalanan bisnis Suci Wijayanti saat mendirikan dan mengembangkan brand Batik Sakera dengan modal Rp150.000 saja.
Suci Wijayanti mendirikan brand ini pada 2016. Keputusannya untuk memilih batik sebagai produk bisnisnya berangkat dari potensi industri batik tulis di Madura, tanah kelahirannya, masih dapat digali dan dikembangkan.
Sebelum akhirnya mendirikan Batik Sakera pada 2016, sejak 2013 Suci sendiri sudah sering bekerja sama dengan perajin batik Madura yang berbakat. Mereka berasal dai Sumenep, Bangkalan, dan wilayah lainnya.
Keberadaan perajin batik berbakat di Madura memudahkan Suci menyeleksi siapa-siapa saja yang dapat diajaknya untuk bekerja sama dengan brand Sekara. Suci juga tidak asal pilih, dia benar-benar memilih perajin yang memiliki ciri khas.
Awal mula pendirian Batik Sakera, Suci melalukan banyak hal seorang diri. Mulai dari pembuatan logo, desain, dan sebagainya. Dia bahkan sering menyisihkan gajinya untuk ditabung menjadi modal usaha.
Sebagai tambahan informasi, Suci adalah seorang dosen di beberapa universitas, terkadang dia juga diundang sebagai ahli untuk memberikan pembinaan tentang kewirausahaan kepada ribuan peserta.
Namun seiring bisnisnya berkembang, Suci mulai mampu mempekerjakan orang lain.
Bahkan omzetnya pernah mencapai ratusan juta per tahun, nilai terbilang cukup memuaskan untuk usaha rintisan yang dimulai secara sederhana.
Suci juga menjaga mutu produksi batiknya dengan mengikuti aturan standar tulis yang ditetapkan UNESCO. Dia bahkan rela mengikuti kursus fashion untuk menunjang bisnis batiknya ini, sebab Suci tidak memiliki pengalaman di bidang fashion design.
Segala upayanya perlahan membuahkan hasil. Produk-produknya mulai dikenal luas. Batik motif abstrak-artistik adalah salah satu best-seller di tokonya. Namun Suci juga menyediakan motif tradisional.
Model pakaian yang disediakannya cukup modern, mengikuti selera zaman. Motifnya pun tidak umum dan unik. Harga pakaian yang dijual Batik Sakera dibanderol sekitar Rp1 jutaan hingga Rp3 jutaan.
Saat pandemi COVID-19 kemarin, tokonya sempat terpaksa tutup. Namun dengan sigap Sakera Batik beralih ke penjualan online. Alhasil, hingga hari ini Batik Sakera masih eksis. Batik Sakera memiliki toko di Pacific Place, Jakarta.
Itulah kisah sukses pengusaha batik Suci Wijayanti.
(Nadya Kurnia)
Komentar
Posting Komentar