Sosial Media
powered by Surfing Waves
0
News
    Home Featured Tips & Tricks

    Inilah Tiga Penyebab Sokbreker Depan Motor Bisa Jeduk, Simak - Semua Halaman - GridOto

    3 min read

     

    Inilah Tiga Penyebab Sokbreker Depan Motor Bisa Jeduk, Simak - Semua Halaman - GridOto.com

    By ARSN, Selasa, 1 April 2025 | 10:00 WIB

    Ilustrasi sokbreker depan motor bekas jeduk
    Ilustrasi
    Ilustrasi sokbreker depan motor bekas jeduk
    Ilustrasi sokbreker depan motor bekas jeduk (Isal/GridOto.com )

    GridOto.com - Ketika melewati polisi tidur atau jalanan rusak, sokbreker depan motor bekas kalian terasa jeduk?

    Hal ini disebabkan adanya kerusakan pada komponen di dalamnya gaes.

    "Sokbreker depan motor jeduk penyebab utamanya karena rebound sokbrekernya bermasalah," buka pemilik bengkel spesialis sokbreker, Klinik Shock, Eko Cahyono.

    Menurutnya, ada tiga penyebab rebound bermasalah yang menjadi pemicu sokbreker jeduk.

    1. Mentok

    Selain oli sokbreker, jeduk pada sokbreker depan motor ternyata bisa disebabkan karena mentok.

    "Bisa juga karena travel (jarak main) sokbreker depan sudah mentok (habis)," jelas Eko yang bengkelnya berada di Jalan Rawa Jati No.8, Krukut, Cinere, Depok, Jawa Barat.

    Biasanya hal itu terjadi pada motor yang sering membawa beban berat.

    Oli sokbreker depan motor diganti berkala biar enggak jeduk
    Oli sokbreker depan motor diganti berkala biar enggak jeduk (Isal/GridOto.com )

    2. Oli Sokbreker

    Umumnya, sokbreker depan motor jeduk disebabkan oleh oli sokbreker.

    "Kalau oli sokbreker sudah lama enggak diganti biasanya bikin sokbreker motor jeduk," jelas Eko.

    "Soalnya oli sokbreker sudah rusak, efeknya selain jeduk, oli juga sudah berubah menjadi lumpur," tambahnya.

    Untuk menghindari hal itu, gantilah oli sokbreker depan motor secara berkala.

    As sokbreker depan motor  KW biasanya penyebab jeduk
    As sokbreker depan motor KW biasanya penyebab jeduk (Isal/GridOto.com )

    3. As Sokbreker Lokal atau KW

    Sokbreker depan mentok ternyata bisa disebabkan karena pemakaian as sokbreker lokal atau KW.

    "Beberapa as sokbreker lokal (KW) yang murah itu ada komponen yang enggak sebagus sokbreker bawaan motor," kata Eko.

    "Jadi sudah pasti jeduk karena enggak ada rebound," tuturnya.

    Nah, itu tadi tiga penyebab sokbreker depan motor mentok.

    Komentar
    Additional JS