Tak Hanya untuk Kebersihan Stasiun, "Cleaner" Juga Jawab Pertanyaan Pelanggan dan Jaga Kondusivitas


JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah kesibukan Stasiun Manggarai, petugas kebersihan tidak hanya bertugas untuk menjaga kebersihan. Mereka juga harus siap menjawab pertanyaan pelanggan mengenai arah atau rute kereta rel listrik (KRL).
Hal ini disampaikan oleh Faisal, seorang cleaner di stasiun tersebut, Rabu (02/04/2025).
Faisal mengungkapkan bahwa seringkali keramaian penumpang tidak sebanding dengan jumlah petugas keamanan yang ada, yang biasanya menjadi sasaran pertanyaan.
"Karena namanya penumpang kan nanya enggak mungkin ke petugas satu titik," ujarnya.
Untuk itu, petugas kebersihan KAI diharuskan menghafal dan memahami setiap sudut stasiun.
"Pasti nanya ke kami juga gitu kan. Nah itu kami juga harus hafal rute-rute gitu," lanjut Faisal.
Selain rute, petugas kebersihan juga dituntut memahami cara kerja fasilitas yang ada di stasiun.
Contohnya, saat Faisal membantu seorang pelanggan mengisi ulang air minum, ia menjelaskan tentang tombol atau fitur yang harus digunakan.
Faisal mencatat bahwa permintaan bantuan dari penumpang meningkat, terutama saat momen libur panjang atau long weekend.
"Pelanggan KAI tidak hanya akan bertanya kepada petugas keamanan berseragam khusus," ujarnya.
Dengan melihat petugas kebersihan yang mengenakan seragam mereka sendiri, banyak penumpang yang berasumsi bahwa petugas tersebut juga memiliki pengetahuan yang cukup tentang stasiun.
Dengan demikian, peran petugas kebersihan di Stasiun KAI semakin penting, tidak hanya dalam menjaga kebersihan, tetapi juga dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar