Selat Hormuz jadi titik panas dalam perang AS dan Iran. Foto/X/@WarshipsIFR
TEHERAN - Serangan AS terhadap tiga fasilitas nuklir utama di
Iran pada Sabtu malam telah kembali menyoroti Selat Hormuz – jalur pelayaran strategis yang membawa sekitar seperlima minyak dunia.
Iran telah lama mengancam akan mencekik Selat Hormuz. Dalam ancaman baru setelah serangan militer oleh musuh lamanya, Amerika Serikat, Hossein Shariatmadari, perwakilan Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, dilaporkan telah menyerukan pembalasan segera, termasuk menutup Selat Hormuz untuk kapal-kapal Amerika, Inggris, Jerman, dan Prancis.
4 Fakta Selat Hormuz yang Jadi Titik Panas dalam Perang AS dan Iran
1. Satu-satunya Jalur Laut untuk Rute Ekspor Utama Minyak
Melansir
Live Mint, selat Hormuz adalah selat antara Teluk Persia dan Teluk Oman. Selat ini menyediakan satu-satunya jalur laut dari Teluk Persia ke lautan terbuka dan merupakan salah satu titik sempit paling strategis di dunia. Selat ini berfungsi sebagai rute ekspor utama bagi produsen Teluk seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Irak, dan Kuwait.
Baca juga Dunia Internasional, Pesawat Mata-mata Militer AS Berkeliaran di 'Depan Pintu' China | Halaman Lengkap logo-apps-sindo Makin mudah baca berita nasional dan internasional. Kanal MNC Portal Live TV MNC Networks Muhaimin Jum'at, 08 Agustus 2025 - 09:41 WIB Pesawat Mata-mata Militer... Pesawat mata-mata militer AS Combat Sent berkeliaran di depan pintu China di Laut China Selatan. Foto/US Air Force BEIJING - Sebuah pesawat mata-mata militer Amerika Serikat (AS) telah terdeteksi terbang jauh ke wilayah sengketa di Laut China Selatan, yang oleh media Amerika gambarkan sebagai "depan pintu" China. Data pelacakan penerbangan menunjukkan pesawat itu muncul di wilayah tersebut pada hari Selasa lalu. Pentagon biasanya tidak mengungkapkan secara spesifik tentang operasi militernya, tetapi lembar fakta Angkatan Udara AS menyebutkan bahwa pesawat mata-mata Combat Sent mengumpulkan informasi pengintaian elektronik strategis untuk para pengambil keputusan dalam rantai komando militer AS. "Menemukan dan mengidentifikasi sinyal radar darat, laut, dan udara militer asing, Combat Sent mengumpulkan dan memeriksa setiap sistem secara mendetail, memberikan analisis strategis bagi para prajurit," ujar Angkatan Udara AS, dalam penjelasan tentang peran platform tersebut dalam mengembangkan tindakan penanggulangan anti-radar yang efektif seperti jamming (pengacauan), sebagaimana dikutip dari Newsweek, Jumat (8/8/2025). Baca Juga: China Bangun Armada di Tengah Laut, Nelayan atau Mata-Mata? Menurut geodata yang dilaporkan situs web Flightradar24, Comba Sent yang juga dikenal sebagai RC-135U menyelidiki perairan di sekitar Kepulauan Spratly dan Paracel yang disengketakan di Laut China Selatan dalam penerbangan 10 jam dari pusat militer utama di Jepang barat daya. Penerbangan pada 6 Agustus tersebut pertama kali terdeteksi oleh analis intelijen sumber terbuka MeNMyRC1, mantan anggota kru RC-135 dan spesialis platform intelijen sinyal. Mereka mengatakan bahwa jarang sekali penerbangan mata-mata AS terlihat begitu jauh di selatan Laut China Selatan, sekaligus mencatat bahwa wilayah tersebut seringkali kekurangan penerima darat yang cukup untuk menangkap jejak pesawat. Combat Sent, yang dikerahkan pada akhir Juni dari daratan Amerika Serikat ke Pangkalan Udara Kadena di Pulau Okinawa, Jepang, melakukan penerbangan terakhirnya tepat setelah pukul 06.00 pagi waktu terkoordinasi universal atau UTC, menurut Flightradar24. Pesawat itu baru mendarat setelah pukul 16.00 sore UTC di hari yang sama. Catatan penerbangan menunjukkan bahwa Combat Sent telah dikerahkan dalam penerbangan yang diduga untuk pengumpulan intelijen elektronik setidaknya 11 kali sejak 1 Juli, menyelidiki wilayah yang disengketakan, termasuk di selatan perbatasan Korea Utara serta di dekat provinsi paling selatan China; Hainan, yang merupakan lokasi salah satu kapal induk Angkatan Laut China yang ditempatkan di Laut China Selatan. Angkatan Udara menyatakan bahwa awak pesawat Combat Sent mencakup minimal 10 perwira perang elektronik dan enam atau lebih spesialis area misi. Pesawat ini memiliki jangkauan bahan bakar lebih dari 4.500 mil dan ketinggian operasional lebih dari 35.000 kaki. Militer AS mengoperasikan dua platform Combat Sent. Kedua platform tersebut pertama kali terbang pada pertengahan 1960-an dan diperkirakan akan tetap beroperasi hingga tahun 2040-an. Lembaga think tank yang berbasis di Beijing, South China Sea Strategic Situation Probing Initiative, menulis di X bahwa mereka telah melacak 48 serangan mendadak oleh pesawat mata-mata AS di Laut China Selatan pada bulan Juli saja, empat di antaranya adalah RC-135. China mengeklaim kedaulatan atas Kepulauan Spratly di lepas pantai barat Filipina dan telah menguasai gugusan Paracel di sebelah timur Vietnam sejak pertengahan 1970-an. Di kedua gugus pulau yang disengketakan tersebut, China telah memperluas beting dan mereklamasi terumbu karang secara artifisial untuk membangun pangkalan militer besar yang menampung radar, barak, dan lapangan terbang. China belum berkomentar atas kehadian pesawat mata-mata AS tersebut. Namun juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning, mengatakan kepada wartawan pada 9 Februari: "Pesawat dan kapal perang AS sering melakukan pengintaian jarak dekat di sekitar China, yang secara serius mengancam keamanan nasional China dan merusak perdamaian serta stabilitas regional." (mas) wa-channel Follow WhatsApp Channel SINDOnews untuk Berita Terbaru Setiap Hari Follow Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga! Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya Infografis J-36 China Diklaim Bisa... J-36 China Diklaim Bisa Pecundangi Pesawat Pengebom B-21 AS - SINDOnews
Jalur ini memungkinkan sekitar 20 persen dari konsumsi minyak harian dunia—sekitar 20 juta barel—untuk melewatinya.
Baca Juga: Konflik Iran - Israel, Akankah Berakhir dengan Perang Nuklir?
2. Pusat Ketegangan dalam Beberapa Dekade
Reuters melaporkan selat tersebut telah menjadi pusat ketegangan regional selama beberapa dekade, dan baru-baru ini, serangan telah terjadi di dekatnya dan menargetkan rute alternatif untuk minyak yang melewati Hormuz.
Baru-baru ini, Presiden Trump menyalahkan Iran atas serangan 12 Juni terhadap dua kapal tanker minyak di pintu masuk Teluk meskipun Teheran membantahnya, yang memicu kekhawatiran akan terjadinya konfrontasi di rute pengiriman minyak yang vital tersebut. Pada 19 Juli, Garda Revolusi Iran mengatakan bahwa mereka telah menangkap sebuah kapal tanker minyak berbendera Inggris di Teluk setelah Inggris menangkap sebuah kapal Iran pada 4 Juli.
3. 50 Kapal Tanker Berlalu-lalang Setiap Hari
Saat ini, sekitar 50 kapal tanker minyak besar berusaha keluar dari Selat Hormuz, menurut laporan media. Ancaman baru Iran setelah serangan AS telah menimbulkan kekhawatiran tentang seberapa mengganggu konflik di Teluk terhadap perdagangan minyak global.
4. Penentu Harga Minyak Dunia
Baca juga Menperin Lepas Ekspor 10.000 Ton Baja Lapis ke AS, Nilainya Capai Rp205,4 Milliar | Sindonews
Jadi bagaimana jika Iran menutup Selat tersebut? Bagaimana dampaknya terhadap India? Selat tersebut menghubungkan Teluk Persia dengan Samudra Hindia. Setiap blokade akan menaikkan harga minyak dan menyebabkan inflasi.
Lebih dari dua pertiga impor minyak India dan hampir setengah dari impor gas alam cair (LNG) melewati Selat Hormuz. Dari 5,5 juta barel minyak yang dikonsumsi India setiap hari, 1,5 juta melewati jalur air tersebut.
“Jika Iran menutup Selat Hormuz, India pasti akan menderita. Sekitar 20 persen minyak mentah dunia dan 25 persen gas alam dunia mengalir melalui jalur ini,” kata Pakar Urusan Luar Negeri Robinder Sachdev kepada kantor berita ANI.
India akan menderita karena harga minyak akan naik, inflasi akan meningkat, dan ada perkiraan bahwa untuk setiap kenaikan harga minyak mentah sebesar sepuluh dolar, PDB India akan turun sebesar 0,5 persen, katanya.
Menteri Persatuan Hardeep Puri mengatakan awal minggu ini bahwa India berencana untuk mendapatkan minyak mentah.
(ahm)