'Enakan Motor Bebek' Tawa Menteri Purbaya Yudhi Iseng Kendarai Motor Patwal, Intip Spesifikasinya! - Tribunjakarta
'Enakan Motor Bebek' Tawa Menteri Purbaya Yudhi Iseng Kendarai Motor Patwal, Intip Spesifikasinya! - Tribunjakarta.com
Fakta Singkat:
- Menkeu Purbaya Yudhi Sadewa menarik perhatian publik setelah mengunggah video dirinya mencoba mengendarai moge Patwal BMW R 1300 GS Adventure.
TRIBUNJAKARTA.COM - Aksi Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa mengendarai motor gede atau moge Patroli dan Pengawalan (Patwal) mencuri perhatian publik, Rabu (3/12/2025).
Motor patwal yang dikendarai Purbaya Yudhi Sadewa sehari-hari digunakan petugas untuk mengawal aktivitas sang menteri.
Video berdurasi 50 detik yang diunggah dalam akun TikTok @purbayayudhis sudah ditonton 946 ribu dan 2638 komentar pada Rabu (3/12/2025).
Dalam video tersebut, Menteri Purbaya Yudhi Sadewa tampak mengenakan kemeja dan celana hitam.
Ia memakai helm dan tampak kesulitan untuk menurunkan standar tengah motor patwal BMW R 1300 GS Adventure.
Akhirnya, Purbaya dibantu oleh dua stafnya.
"Berat motornya enakan motor bebek. Hahaha," tawa Purbaya.
Purbaya juga menuliskan pengalamannya menggunakan moge dalam caption video yang diunggahnya.
"Pagi tadi saya iseng aja nyobain moge patwal kepolisian yang sehari-hari bertugas di Kemenkeu.
Gak gampang dan berat motornya, sepertinya perlu keahlian khusus, apalagi menembus kemacetan jakarta, bisa zig-zag atau selap-selip dijalanan Jakarta yang macet.
Gak gampang Guys, berat motornya lebih enak pake motor bebek." tulis Purbaya.
Kemudian, Purbaya pun mencoba mengendarai sepeda motor tersebut.
Dia membawa motornya keluar dari area basement dan mengitari sekitaran gedung Kementerian Keuangan.
Purbaya tampak hampir jatuh saat mau belok di kecepatan rendah.
Selain itu kelihatan juga dia mencoba akselerasi motor petualang tersebut dan badannya tertarik ke belakang.
Dikutip dari Kompas.com, motor itu merupakan motor petualang paling tinggi kastanya di BMW.
Secara spesifikasi, pada bagian mesin masih sama dengan R 1300 GS biasa.
Memakai mesin boxer dua silinder 1.300cc yang menghasilkan tenaga 145 TK di 7.750 RPM dan torsi 149 Nm di 6.500 RPM.
Bagian yang sama lagi dengan R 1300 GS standar ada di lampu utamanya dengan DRL berbentuk X.
Serta sistem radar cruise control dengan collision warning, lane change warning, turut dibawa ke R 1300 GS Adventure.
Ubahan paling kentara ada di bagian tangkinya lebih besar dan bentuknya mengotak rata di sisi kanan dan kiri.
Secara kapasitas naik jauh, dari 19 liter menjadi 30 liter, membuat bobotnya sekarang jadi 269 Kg. R 1300 GS Adventure yang ditawarkan di Indonesia terdiri dari beberapa model dan varian.
Salah satu yang masuk adalah varian dengan suspensi yang bisa turun secara otomatis, jadi pengendara yang punya postur pendek, bisa lebih percaya diri.
Selain itu, tersedia juga model dengan Automated Shift Assistance (ASA) atau kopling otomatis.
Pengendara tinggal tekan tombol untuk naik-turunkan gigi, tidak ada lagi tuas kopling. Saat meluncur di akhir 2024, model paling murah,
yakni Triple Black dan GS Trophy dibanderol Rp 1,46 miliar. Serta yang paling mahal ada Option 719 'Karakorum' dengan harga Rp 1,53 miliar.
Sementara varian ASA, lebih mahal Rp 20 juta dari model yang dipilih. Misal di Triple Black dan GS Trophy jadi Rp 1,48 miliar dan di Option 719 'Karakorum' jadi Rp 1,55 miliar.