Pilihan

Indonesia Berada di Ranking 173 FIFA, Elkan Baggott Bisa Gabung Klub Premier League? - Okezone

Indonesia Berada di Ranking 173 FIFA, Elkan Baggott Bisa Gabung Klub Premier League? - Okezone

Elkan Baggott
Elkan Baggott

IPSWICH – Elkan Baggott membuat masyarakat Tanah Air bangga dini hari tadi. Personel Tim Nasional Indonesa U-19 itu menjalani debut bersama tim senior Ipswich Town di laga Fase Grup EFL Trophy 2020-2021 kontra Gillingham.

Tampil sebagai starter, bek bertinggi badan sentimeter itu membantu Ipswich Town yang kini tampil di kasta ketiga sepakbola Inggris (League One) menang 2-0 atas Gillingham. Kelar pertandingan banyak netizen bertanya-tanya, apakah Elkan Baggott bisa membela klub Premier League jika ada tim kasta teratas yang meminatinya?

(Elkan Baggott saat menjalani debut bersama tim senior Ipswich Town)

Menurut Workinginhtheuk, bagi pemain yang ingin membela klub Premier League, prestasi tim nasional ternyata juga menjadi ukurannya. Seorang pemain baru diizinkan tampil di Premier League jika sang negara berada di posisi minimal 70 ranking FIFA dalam dua tahun terakhir.

Menjadi masalah karena Indonesia jauh dari rangking di atas. Menurut ranking FIFA edisi September 2020 saja, Timnas Indonesia berada di posisi 173!

Bahkan, prestasi terbaik Timnas Indonesia di ranking FIFA hanya berada di posisi 76, tepatnya pada September 1998. Namun, Elkan Baggott yang berstatus personel Timnas Indonesia U-19 mendapat pengecualian.

BACA JUGA: Catatan Elkan Baggott di Laga Debut Bareng Tim Senior Ipswich Town

Bek 17 tahun ini bisa mengambil skema homegrown player. Istilah homegrown playerditujukan kepada pemain yang sudah didaftarkan oleh klub yang terafiliasi dengan FA atau FA Wales, selama tiga musim atau 36 bulan sebelum si pemain berusia 21 tahun.

Karena itu, Elkan Baggott masuk kategori homegrown player. Sebab, dari usia 9 tahun, Elkan Baggott sudah tinggal di Inggris dan didatarkan klubnya ke FA. Hal yang sama juga dirasakan kiper Timnas Filipina, Neil Etheridge.

(Neil Etheridge saat bela Cardiff City)

Etheridge pernah membela Fulham dan Cardiff City di Premier League, padahal sang negara, Filipina, tidak pernah masuk 70 besar ranking FIFA. Hal itu karena sejak 2006 atau di usia 16 tahun, Etheridge sudah berkarier di tim junior Chelsea.

Hal luar biasa jika nantinya Elkan Baggott mendapat kesempatan bermain bersama salah satu klub Premier League. Tinggi badannya yang menunjang yakni mencapai 194 sentimeter, membuat pengagum Rio Ferdinand dan Virgil van Dijk ini diprediksi dapat bersaing dengan kerasnya persaingan sepakbola Inggris.

Profil singkat Elkan Baggott:

Lahir: 23, Oktober 2002

Kewarganegaraan: Inggris, Indonesia

Media Sosial: @elkanbaggott

(fmh)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek