510 Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Keracunan Makanan - Beritasatu

 

510 Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Keracunan Makanan

Selasa, 7 Februari 2023 | 22:36 WIB
Oleh: Didik Fibrianto / CAH

Ilustrasi pasien keracunan.
Ilustrasi pasien keracunan. (Foto: Antara)

Malang, Beritasatu.com - Sebanyak 510 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) Kota Malang, Jawa Timur keracunan makanan saat mengikuti perkemahan di Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). Akibat kejadian tersebut korban keracunan massal tersebut dilarikan ke Puskesmas Wagir.

Advertisement

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Drg Wiyanto Wijoyo mengatakan kronologis kejadian tersebut diketahui setelah tim kesehatan Puskesmas Wagir mendapat laporan banyak mahasiswa yang mengalami diare saat berada di lokasi perkemahan.

"Pada tanggal 7 Februari 2023 sekitar jam 10.45 WIB Tim Puskesmas Wagir dan datang ke lokasi kejadian kemudian ditemukan banyak mahasiswa yang mengalami diare diduga karena keracunan makanan," kata Wiyanto Wijoyo dalam keterangan tertulis yang dikirim via Whatsapp ke Beritasatu.com, Senin (7/2/2023).

Menurut Kadinkes, berdasarkan cerita dari mahasiswa jurusan Teknik UB, tanggal 6 Februari 2023, ada kegiatan camping yang di ikuti 1.200 mahasiswa di Desa Jedong, Kecamatan Wagir. Selama kegiatan camping, mereka memesan makanan ke warga dengan menu nasi putih dan capcay yang dijadwalkan untuk dimakan pukul 15.00 WIB, dan malamnya pukul 21.00 WIB mereka makan malam dengan menu nasi putih dan telur bali.

Advertisement

"Dari hasil konfirmasi ke Puskesmas Wagir sebanyak 510 mahasiswa diperkirakan sementara telah terjadi mual, muntah, pusing hingga diare," ungkapnya.

Kata Wiyanto, saat diare, mereka langsung dibawa ke Puskesmas Wagir untuk segera diberi pertolongan. "Pasien datang ke Puskesmas pukul 11.28 WIB untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut dengan tindakan yang diberikan oleh Puskesmas Wagir yaitu, pemberian infus Natrium Klorida, Injeksi Metoclopamide, Oralit, Puralek, Paracetamol dan Antasida," tandasnya.

Wiyanto menambahkan pukul 17.50 5 Mahasiswa yang dirawat inap di Puskesmas Wagir dipulangkan. "Saat ini pukul 19.53 WIB tersisa 3 mahasiswa yang masih dirawat inap di Puskesmas Wagir. Untuk mengetahui penyebab keracunan, tim Puskesmas Wagir juga mengambil sampel sisa makanan dan air untuk dibawa ke laboratorium," pungkasnya.

Sementara itu, Humas UB Kotok Gurito saat dikonfirmasi menyatakan masih akan mengkonfirmasi lebih dulu ke pihak Dekan Fakultas Teknik.Namun, ia membenarkan jika sejak Senin (6/2/2023) ada kegiatan mahasiswa dari fakultas Teknik.

"Nanti konfirmasi selanjutnya akan kami kabari melalui pers rilis, sekarang rilisnya masih dibuat oleh pihak dekan," ujarnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi]

[Tags Universitas Brawijaya, Malang, Featured, Pilihan]

Baca Juga

Komentar