Pilihan

Densus 88 Bekuk Terduga Teroris Jaringan JI dari Jakarta Sampai Palembang - Beritasatu

 

Densus 88 Bekuk Terduga Teroris Jaringan JI dari Jakarta Sampai Palembang

Rabu, 8 Februari 2023 | 16:00 WIB
Oleh: Stefani Wijaya / YUD

Ilustrasi terduga teroris.
Ilustrasi terduga teroris. (Foto: Antara)

Jakarta, Beritasatu.com - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri meringkus enam terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang berada di Sumatera Selatan (Sumsel).

Advertisement

Kabagrenmin Densus 88 AT Polri Kombes Aswin Siregar mengungkapkan, enam terduga teroris itu ditangkap di berbagai wilayah mulai dari kota Palembang, Lampung, Cirebon, dan Jakarta pada 7-8 Februari 2023 dan mereka dalam keadaan sehat.

"Semuanya (Jamaah Islamiyah) jaringan Sumsel," kata Aswin kepada Beritasatu.com, Rabu (8/2/2023).

Kemudian, keenam tersangka itu dengan inisial J, IR, LS, AF, AS, dan A alias B. Saat ini masih dalam proses pemeriksaan yang mendalam oleh penyidik.

Advertisement

"Semuanya Jaringan JI. Khususnya terlibat: menyembunyikan, mengamankan atau melindungi para pelarian DPO atau Matlubin kasus tindak pidana terorisme," ucapnya.

Sebelumnya, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri meringkus terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah dengan inisial AF alias B (33) di Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkapkan, AF alias B merupakan laki-laki yang diringkus hari ini, Selasa (7/2/2023) sekitar pukul 05.00 WIB.

"Pada hari Selasa tanggal 7 Februari 2023 sekitar pukul 05.00 WIB telah dilakukan penangkapan tersangka atas nama AF di Jalan Penagan Ratu Dusun 8 RK 02 Dorowati Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung ," kata Ramadhan dalam keterangannya.

Kemudian, sekitar pukul 08.00 WIB, Densus 88 melakukan penggeledahan di sebuah rumah tersebut dan berhasil menemukan barang yang diduga berkaitan dengan tindak pidana terorisme yang disangkakan terhadap tersangka.

Dikatakan Ramadhan, keterlibatan AF alias B itu merupakan anggota Jamaah Islamiyah, merupakan pengajar tahapan Taklim dan Tarbiyah pada siswa ADIRA JI (Akademi dan kaderisasi) dari kelompok JI palembang.

"Ikut berperan dalam proses penyembunyian atau evakuasi atau DPO JI atas nama Suwarno alias Mario alias Hafidz pada November 2020, ikut berperan dalam proses penyembunyian atau evakuasi atau DPO JI atas nama Ahmad Supriyadi pada Oktober 2020," pungkasnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi]

[Tags Teroris, Densus 88, Featured, Pilihan]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek