Gempa M 5,6 Terjadi di Rumania, Getaran Terasa Hingga Eropa Timur - detik

 

Gempa M 5,6 Terjadi di Rumania, Getaran Terasa Hingga Eropa Timur

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 15 Feb 2023 00:47 WIB
Ilustrasi Gempa
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/SteveCollender)
Jakarta -

Gempa berkekuatan 5,6 melanda Rumania pada hari Selasa, menurut Survei Geologi AS. Getaran dirasakan di negara-negara tetangga seperti Bulgaria dan Serbia.

Dilansir AFP, Rabu (15/2/2023), berdasarkan laporan lokal dan unggahan di media sosial menunjukkan kerusakan kecil pada bangunan dan mobil di Rumania. Terlihat juga orang-orang keluar dari gedung dengan tergesa-gesa. Tidak ada cedera atau kerugian signifikan yang dilaporkan.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 15:16 (1316 GMT) di kedalaman 10 kilometer (enam mil) di wilayah barat daya Rumania, Gorj, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) di situs webnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada hari Senin, wilayah yang sama di Rumania dilanda gempa dengan kekuatan yang sedikit lebih rendah. Gempa itu tak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa.

Getaran itu tidak ada hubungannya dengan gempa mematikan yang melanda Turki dan Suriah pekan lalu, Institut Fisika Bumi Nasional Rumania (INFP) mengatakan pada Selasa. Tetapi guncangan berulang kali telah menimbulkan kekhawatiran di antara beberapa warga.

Rumania berada di beberapa patahan seismik dan para ahli telah menunjukkan "potensi seismik yang tinggi" di negara itu.

Pada tanggal 4 Maret 1977, gempa bumi menyebabkan 1.570 kematian dan lebih dari 11.000 luka-luka, kebanyakan di Bucharest, yang terletak di patahan Vrancea.

(eva/eva)

[Category Opsiin, Media Informasi]

Baca Juga

Komentar