Keras, Getaran Gempa Turki Terasa hingga Greenland! - Beritasatu

 

Keras, Getaran Gempa Turki Terasa hingga Greenland!

Senin, 6 Februari 2023 | 19:50 WIB
Oleh: Yudo Dahono / YUD

Pekerja pertahanan sipil dan penduduk mencari melalui puing-puing bangunan yang runtuh di kota Harem dekat perbatasan Turki, Provinsi Idlib, Suriah, Senin, 6 Februari 2023. 
Pekerja pertahanan sipil dan penduduk mencari melalui puing-puing bangunan yang runtuh di kota Harem dekat perbatasan Turki, Provinsi Idlib, Suriah, Senin, 6 Februari 2023.  (Foto: AP Photo/Ghaith Alsayed)

Ankara, Beritasatu.com - Getaran gempa berkekuatan 7,8 magnitudo di Turki, Senin (6/2/2023) dirasakan hingga Greenland, Denmark, demikian diungkapkan oleh Lembaga Survei Geologi Denmark dan Greenland.

Advertisement

"Gempa bumi besar di Turki tercatat dengan jelas di seismograf di Denmark dan Greenland," kata seismolog Tine Larsen kepada kantor berita AFP.

"Gelombang dari gempa mencapai seismograf di pulau Bornholm Denmark kira-kira lima menit setelah guncangan dimulai," kata Larsen tentang gempa yang terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat atau 01:17 GMT.

“Delapan menit setelah gempa, goncangan mencapai pantai timur Greenland, menyebar lebih jauh ke seluruh Greenland,” ujarnya.

Advertisement

Cuaca Buruk
Cuaca buruk menghambat tim penyelamat gempa bumi di wilayah Turki dan Suriah. Selain kehancuran akibat gempa, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan bahwa pihak berwenang sedang berjuang dengan "kondisi cuaca yang sangat buruk".

“Kami berusaha menjangkau wilayah itu secepat mungkin,” kata Oktay kepada media.

Tayangan video di televisi memperlihatkan operasi penyelamatan di kota Diyarbakir, Turki tenggara, menunjukkan lusinan penyelamat dan sukarelawan mencari melalui puing-puing dengan menggunakan jaket musim dingin dengan syal berjuang melawan salju mencari korban yang selamat dari gempa.

“Dingin, dan banyak orang kehilangan rumah – mereka berada di tempat terbuka, dan bagian utara Suriah sudah menjadi rumah bagi jutaan orang yang tinggal di tenda,” katanya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Al Jazeera


[Category Opsiin, Media Informasi]

[Tags Gempa Bumi, Turki,Greenland, Pilihan, Featured]

Baca Juga

Komentar