Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Kuat Ma'ruf Divonis 15 Tahun Penjara, Hakim: Dia Berbelit-belit dan Tidak Ngaku Salah - Viva

 

Kuat Ma'ruf Divonis 15 Tahun Penjara, Hakim: Dia Berbelit-belit dan Tidak Ngaku Salah

Selasa, 14 Februari 2023 - 16:06 WIB
Oleh :
Tersangka Kuat Maruf bersiap memeragakan salah satu adegan rekonstruksi di rumah dinas Ferdy Sambo yang merupakan tempat kejadian pembunuhan Brigadir J di Jalan Duren Tiga Barat, kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta, Selasa, 30 Agustus 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Aditya Pradana Putra
Share :

VIVA Nasional – Kuat Ma’ruf resmi divonis hukuman 15 tahun penjara, imbas dari keterlibatannya menjadi salah satu terdakwa kasus pembunuhan terhadap  Nofriansyah Yosua Hutabarat. Hukuman yang divonis oleh majelis hakim tersebut tentu lebih berat dibanding tuntutan jaksa sebelumnya yakni 8 tahun hukuman penjara.

"Mengadili, menyatakan terdakwa atas nama Kuat Ma’ruf terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pembunuhan berencana. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Kuat Ma’ruf dengan pidana penjara selama 15 tahun," tegas ketua majelis hakim Wahyu Iman Santoso saat sidang vonis berlangsung.

Baca Juga :

Kuat divonis hukuman 15 tahun penjara saat menjalani sidang babak akhir di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa, 14 Februari 2023. 

Ferdy Sambo, Putri Candrwathi, Ricky Rizal dan Kuat Maruf

Ferdy Sambo, Putri Candrwathi, Ricky Rizal dan Kuat Maruf

Photo :
  • Istimewa

Putusan sidang pun langsung dibacakan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negara Jakarta Selatan terhadap Kuat sebelum membacakan sidang vonis untuk terdakwa lainnya Ricky Rizal. Kuat dinyatakan telah melanggar Pasal 340 Subsider Pasal 338 juncto Pasal 5 ayat 1 ke-1 KUHP.

Vonis hukuman 15 tahun penjara pun dijatuhkan kepada Kuat karena terbukti terlibat dalam perkara pembunuhan Brigadir J, dimulai dari keikutsertaannya di Magelang, Jawa Tengah.

"Dimulai kejadian di Magelang, mengancam korban, mengejar korban dengan pisau dapur, membawa pisau tersebut ke Saguling hingga ke Duren Tiga (Jakarta Selatan)," jelas Morgan Simanjuntak, selaku hakim anggota dalam persidangan kasus pembunuhan Brigar J saat memberikan vonis sidang pada Kuat Ma’ruf.

Kuat Maruf

Kuat Maruf

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam hal ini Morgan Simanjuntak selaku anggota majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pun turut membeberkan sederet hal yang menjadi pertimbangan terdakwa Kuat dihukum selama 15 tahun penjara.  

Salah satunya karena sopir Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi ini telah melakukan tindakan yang dinilai tidak sopan pada saat persidangan berlangsung. Selain dinilai tidak sopan, hal lainnya yang memberatkan hukuman Kuat adalah sosoknya yang kerap berbelit-belit hingga tak mau mengakui kesalahan saat dimintai keterangan selama persidangan berlangsung.

Hal tersebut langsung diungkapkan oleh anggota majelis hakim, Morgan Simanjuntak saat persidangan.

Morgan Simanjuntak, hakim sidang Ferdy Sambo cs

Morgan Simanjuntak, hakim sidang Ferdy Sambo cs

Photo :
  • tiktok @sileman.id

"Hal yang memberatkan terdakwa tidak sopan di persidangan, terdakwa berbelit-belit dan tidak berterus terang dalam memberikan keterangan di persidangan sehingga sangat menyulitkan jalannya persidangan, terdakwa tidak mengaku bersalah dan justru memosisikan diri sebagai orang yang tidak tahu-menahu dalam perkara ini, terdakwa tidak memperlihatkan rasa penyesalan dalam persidangan," kata hakim Morgan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Di luar berbagai hal yang memberatkan hukumannya tersebut, Kuat Ma’ruf memiliki salah satu alasan yang  meringankan hasil putusan sidang vonisnya yang berlangsung tadi pagi.

Morgan Simanjuntak menerangkan, bahwa Kuat masih memiliki tanggungan terhadap keluarganya, sehingga hal ini membuat hukumannya sedikit lebih diringankan.

"Terdakwa masih mempunyai tanggungan keluarga," kata Morgan.

Atas dasar itulah, ketua majelis hakim Wahyu Iman Santoso memutuskan memberikan vonis terhadap Kuat dengan ancaman hukuman pidana selama 15 tahun penjara.

Untuk sidang vonis terhadap terdakwa Kuat Ma’ruf diperkasai oleh hakim Wahyu Iman Santoso, selaku ketua Majelis dan Hakim Morgan Simanjuntak, serta Hakim Alimin Ribut Sujono selaku anggota majelis.

Baca Juga :

[Category Opsiin, Media Informasi]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek