11 Kecamatan Terdampak Abu Vulkanik Letusan Gunung Merapi - Beritasatu

 

11 Kecamatan Terdampak Abu Vulkanik Letusan Gunung Merapi

Sabtu, 11 Maret 2023 | 19:26 WIB
Oleh: Priyo Budi Santoso / CAH

Guguran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat, 5 Maret 2023.
Guguran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat, 5 Maret 2023. (Foto: Antara)

Magelang, Beritasatu.com - Erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada Sabtu (11/3/2023) siang menyebabkan guyuran hujan abu vulkanik di sejumlah tempat di Kabupaten Magelang, Jawa tengah. Tercatat sebanyak 11 kecamatan terdampak abu vulkanik Gunung Merapi.

Advertisement

Hal tersebut dikatakan Agus teguh, salah seorang relawan di Kecamatan Dukun. "Dari sebelas kecamatan yang terdampak guyuran abu vulkanik yakni di Desa Krincing, Kecamatan Dukun, Magelang. Di tempat ini abu vulkanik mengguyur kawasan desa hingga ketebalan 1 sentimeter," kata Agus di Magelang, Sabtu (11/3/2023).

Sejumlah relawan dan petugas terus berjaga-jaga di Desa Krinjing untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan. Untuk aktivitas warga sampai saat ini masih normal seperti sedia kala.

Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan selalu mengikuti arahan dari petugas terkait. Selain itu warga diminta untuk selalu mengenakan masker ketika berada di luar rumah.

Advertisement

Erupsi Gunung Merapi memuntahkan awan panas hingga 7 km dan aliran lava sejauh 1,5 km teramati.

Gunung Merapi setinggi 2.963 m (9.721 kaki) adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia dan sudah berada di tingkat siaga tertinggi kedua di negara ini.

Petugas di posko pemantau setempat, Yulianto mengatakan belum ada warga yang dievakuasi.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Baca Juga

Komentar