Bos FBI: Kebocoran Laboratorium Tiongkok Kemungkinan Penyebab Pandemi Covid-19 - Beritasatu

 

Bos FBI: Kebocoran Laboratorium Tiongkok Kemungkinan Penyebab Pandemi Covid-19

Rabu, 1 Maret 2023 | 16:30 WIB
Oleh: Surya Lesmana / LES

Direktur Biro Penyidik Federal (FBI) Christopher Wray.
Direktur Biro Penyidik Federal (FBI) Christopher Wray. (Foto: AFP)

Washington, Beritasatu.com - Direktur Federal Bureau of Investigation (FBI) Christopher Wray mengatakan pada Selasa (28/2/2023), pihaknya menilai kebocoran laboratorium Tiongkok di Kota Wuhan, kemungkinan besar menyebabkan pandemi Covid-19.

Advertisement

"FBI sudah cukup lama menilai bahwa asal-usul Covid-19 kemungkinan besar merupakan potensi insiden kebocoran laboratorium di Wuhan," kata Wray kepada Fox News.

Komentarnya mengikuti laporan Wall Street Journal Minggu lalu bahwa Departemen Energi Amerika Serikat memberi penilaian meski tak 100 persen yakin, bahwa pandemi diakibatkan oleh kebocoran laboratorium Tiongkok yang tidak disengaja.

Empat lembaga lainnya, bersama dengan panel intelijen nasional, masih menilai bahwa pandemi kemungkinan besar merupakan hasil dari transmisi alami, dan dua lainnya belum diputuskan, lapor Journal.

Advertisement

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan, bahwa pemerintah AS belum mencapai kesimpulan dan konsensus pasti tentang asal mula pandemi.

Kementerian luar negeri Tiongkok, ketika diminta untuk mengomentari laporan Wall Street Journal, yang dikonfirmasi oleh media AS lainnya, merujuk pada laporan bersama WHO-Tiongkok yang menunjuk pada asal alami pandemi, bukan kebocoran laboratorium.

Wray mengatakan bahwa dia tidak dapat membagikan banyak detail penilaian agensi karena bersifat rahasia.
Dia menuduh pemerintah Tiongkok "melakukan yang terbaik untuk mencoba menggagalkan dan mengaburkan" upaya Amerika Serikat dan lainnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang asal-usul Covid-19.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Baca Juga

Komentar