Pilihan

Kemenkominfo Dorong UMKM di Solo Daftar NIB, Ini Keuntungannya - inews

  

Kemenkominfo Dorong UMKM di Solo Daftar NIB, Ini Keuntungannya

Ary Wahyu Wibowo
Kemenkominfo Dorong UMKM di Solo Daftar NIB, Ini Keuntungannya
Direktur Informasi dan Komunikasi Perekononomian dan Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkary saat Forum DigiTalk “Izin Usaha Lancar UMKM Wastra Berdaya Saing” di Solo, Rabu (16/3/2023). Foto: Ist

SOLO, iNews.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Solo mendaftarkan Nomor Izin Berusaha (NIB). Sejumlah keuntungan menanti setelah mengantongi NIB, utamanya agar mendapatkan bantuan permodalan dari pemerintah. 

Dalam rangka road to perayaan HUT Dekranas ke-43 pada Mei mendatang, Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan literasi digital menyasar pelaku UMKM di Solo dan sekitarnya. Kegiatan literasi digital bertajuk Forum Digitalk "Izin Usaha Lancar UMKM Wastra Berdaya Saing”.

Baca Juga

"UMKM di Kota Solo tercatat ada 11.157 unit. Harapan kami, sepulang dari kegiatan ini, mereka sudah membawa pulang NIB. Oleh karena itu, kami juga bantu langsung pengurusannya saat ini juga di lokasi kegiatan," Direktur Informasi dan Komunikasi Pekenomian dan Maritim, Kemenkominfo, Septriana Tangkary di Solo, Kamis (16/3/2023). 

Dikatakannya, Forum Digitalk yang berkolaborasi antara lain dengan Pokja Sinergi Substansi Sosialisasi Satgas UUCK, Dekranasda Provinsi Jawa Tengah, dan Dekranasda Kota Solo, mengajak para pelaku UMKM segera mengurus izin usahanya.

Baca Juga

Tujuannya, agar UMKM lokal yang sudah ber-NIB cepat naik kelas. Otomatis, mereka lebih mudah mempromosikan produknya ke lingkup yang lebih luas. Di samping pemerintah lebih mudah memberikan bantuan dan pendampingan. Salah satu bantuan dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah adalah melalui pengembangan ekosistem wastra.

Baca Juga

“Salah satu permasalahan UMKM wastra di Jawa Tengah adalah minimnya produk jadi. UMKM sebagian besar menjual kain bukan pakaian. Oleh karena itu, Dekranasda Jawa Tengah mengembangkan ekosistem Creative Hub Batik dalam program dari kain menuju ready to wear,” kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah, Ema Rachmawati. 

Pentingnya memiliki NIB juga ditekankan Koordinator Konsultan Pendamping Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUKM, Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Solo, Teguh Wiji Setyahadi. 

Baca Juga

“Dengan memiliki NIB, UMKM akan lebih mudah menjalin kerja sama. Mendapatkan kepastian legalitas, memberi nilai tambah untuk akses permodalan, lokasi usaha terlindungi dan mendapat pengembangan usaha dari pemerintah,” ucapnya. 

Penata Kelola Penanaman Modal Ahli Muda, Kementerian Investasi/BKPM Bagus Hariadi mengemukakan, pemberdayaan UMKM adalah salah satu solusi dari permasalahan stagnasi ekonomi yang menjadi tantangan bagi Indonesia. 

Baca Juga

“Kita perlu menjadi negara maju karena kita perlu keluar dari jebakan middle income trap yang menyebabkan stagnasi ekonomi. Kita dapat lolos dari jebakan tersebut melalui hilirisasi, pemberdayaan UMKM, percepatan perizinan berusaha, maupun perbaikan sumber daya manusia,” ujar Bagus. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek