Ngalap Berkah, Ribuan Warga Banjarnegara Berebut Gunungan Hasil Bumi - inews

 

Ngalap Berkah, Ribuan Warga Banjarnegara Berebut Gunungan Hasil Bumi

Ngalap Berkah, Ribuan Warga Banjarnegara Berebut Gunungan Hasil Bumi
Ribuan warga di Banjarnegara berebut gunungan hasil bumi sayur, palawija, buah-buahan hingga buku. (Elis Novit)

BANJARNEGARA, iNews.id – Ribuan warga di Banjarnegara berebut gunungan hasil bumi berupa sayur, palawija, buah-buahan hingga buku. Tradisi rebut gunungan ini sebagai wujud syukur dan kebahagiaan warga atas hasil panen yang melimpah dan dijauhkan dari bencana pandemi Covid-19.

Sebelum diperebutkan, sebanyak empat gunungan ini diarak keliling kota bersama dengan benda pusaka. Acara kirab dalam rangka perayaan Hari Jadi ke-452 Kabupaten Banjarnegara ini  menjadi ajang warga untuk ngalap berkah dan silaturahmi.

Baca Juga

Sejumlah foto sejarah pemimpin daerah dan bendera pusaka lambang kabupaten diarak sejauh  3 kilometer dengan berjalan kaki. Acara ini digelar rutin tahunan sebagai bentuk tradisi menjaga silaturahmi antar pejabat pemerintahan dan warga.

Baca Juga

Rebut gunungan menjadi saat yang paling di tunggu warga, meski harus berada di bawah terik matahari dan berdesak desakan, warga berlomba-lomba mendapatkan barang yang ada di gunungan. “Warga percaya jika mndapatkan barang dari gunungan dapat mendatangkan keberkahan,” kata Suyono, Minggu (26/2/2023).

Gunungan makanan dan buku ludes tak kurang dari 10 menit, bahkan warga yang tak kebagian rela mengais sisa gununga berupa beras dan padi yang jatuh di jalan.

Baca Juga

“Ajang tradisi tahunan ini menjadi alat untuk mempererat hubungan antar sesama warga,” kata Tri Harso, penjabat Bupati Banjarnegara.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Baca Juga

Komentar