Polisi-TNI Gunakan Water Cannon Bersihkan Abu Vulkanik Gunung Merapi - Beritasatu

 

Polisi-TNI Gunakan Water Cannon Bersihkan Abu Vulkanik Gunung Merapi

Minggu, 12 Maret 2023 | 13:21 WIB
Oleh: Priyo Budi Santoso / FMB

Guguran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat, 5 Maret 2023.
Guguran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat, 5 Maret 2023. (Foto: Antara)

Magelang, Beritasatu.com - Hujan abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi kembali mengguyur permukiman warga di sisi barat gunung. Untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan, TNI dan Polri membersihkan material vulkanik dengan menggunakan kendaraan taktis water cannon, Minggu (12/3/2023).

Advertisement

"Kita membantu warga masyarakat karena ini daerah terparah yang terdampak, hanya berjarak 5 kilometer dari puncak Merapi, sehingga kami bersama-sama membersihkan material dengan water cannon," ujar Kapolresta Magelang Kombes Pol. Ruruh Wicaksono kepada Beritasatu.com.

Ruruh menambahkan, abu vulkanik sangat menganggu warga karena dapat membuat jalan menjadi licin dan juga dapat mengakibatkan gangguan infeksi saluran pernafasan, serta iritasi pada mata dan kulit.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan akibat diguyur hujan abu, Polresta Magelang bersama dengan Kodim 0705 Magelang dan dibantu oleh relawan serta pemadam kebakaran melakukan penyemprotan air ke material abu vulkanik yang menyelimuti permukiman warga.

Advertisement

Sementara itu Suwarti, warga Dusun Krincing mengaku, di dusunnya terdampak hujan abu yang tebal. Dengan adanya pembersihan material tersebut dirinya mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada petugas.

Erupsi kembali terjadi pada 07.04 WIB pagi ini dan meluncurkan awan panas guguran sejauh 2500 meter ke arah Sungai Bebeng, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Baca Juga

Komentar