Potret Para Tunanetra di Medan Tadarus Alquran saat Ramadhan, Ada yang Belajar 10 Bulan - inews

 

Potret Para Tunanetra di Medan Tadarus Alquran saat Ramadhan, Ada yang Belajar 10 Bulan

Ahmad Ridwan Nasution
Potret Para Tunanetra di Medan Tadarus Alquran saat Ramadhan, Ada yang Belajar 10 Bulan
Potret Para Tunanetra di Medan Tadarus Alquran saat Ramadhan, Ada yang Belajar 10 Bulan (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Sumatera Utara (Sumut) menggelar tadarus Alquran dengan huruf braille. Keterbatasan tidak memadamkan niat mereka beribada.

Kegiatan tadarus Alquran ini digelar di Kantor Pertuni di Jalan Sampul, Medan. Para tunanetra ini menargetkan khatam Alquran selama satu bulan. 

Baca Juga

Tadarus dibuat dengan cara membaca bergiliran agar satu dengan lainnya bisa mendengar dan mengoreksi bacaan yang salah. Mereka dipandu sesama tunanetra yang telah menjuarai lomba Musabaqoh Tilawatil Quran.

Shopee

Voucher Spesial iNews

Kupon Shopee

LIHAT KODE
🕒 14 Apr 2023

Tampak para anggota Pertuni bergantian membacakan ayat-ayat suci Alquran. Tangan mereka terampil membaca huruf demi huruf braille berisi ayat-ayat Alquran.

Baca Juga

Berkat latihan dan belajar teratur bersama rekannya, bacaan Alquran mereka pun sangat lancar.

"Saya belajar 10 bulan. Kalau hurufnya ada yang enggak timbul ya susah, tapi kita kan dibimbing," ucap Darnwati.

Baca Juga

Salah satu peserta, Darnawati mengaku diperlukan waktu sedikitnya sepuluh bulan untuk bisa membaca Alquran. Braile berbahasa latin dengan huruf Arab berbeda sehingga perlu tambahan keterampilan.

Biro Agama Islam Pertuni Sumut Chairil Anwar berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan membaca Alquran para anggotanya. Di bulan Ramadhan ini kegiatan tadarus ditingkatkan dibanding hari-hari biasa.

"Kami gelar tadarus rutin setiap hari Kamis kami lakukan sampai khatam. Di sini ada kelompok wanita gurunya ya wanita. Ada kelompok lelaki. Ada tingkatannya juga ada yang mahir ada juga yang terbata-bata," ucap Chairil.

Pesertanya pun bisa membludak hingga puluhan orang. Mereka berasal dari berbagai tempat Kota Medan.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Baca Juga

Komentar