Terkait Ulah Turis Asing yang Meresahkan, Sandiaga Uno: Blacklist! - Beritasatu

 

Terkait Ulah Turis Asing yang Meresahkan, Sandiaga Uno: Blacklist!

Kamis, 9 Maret 2023 | 16:06 WIB
Oleh: Winda Destiana Putri / WDP

Ilustrasi turis asing di Bali. 
Ilustrasi turis asing di Bali.  (Foto: Dok: Kemenparekraf RI)

Jakarta, Beritasatu.com - Ulah turis asing yang ada di Indonesia kian meresahkan. Setelah belum lama ini wisatawan asal Rusia menyalakan kembang api flare di kawasan wisata Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, kali ini suara ayam berkokok menjadi permasalahan turis asing di Bali.

Advertisement

Diketahui 17 turis asing yang berada di kawasan Badung tersebut mengeluhkan suara ayam berkokok di pagi hari. Mereka diminta pindah ke hotel jika berada di pemukiman warga dirasa tak bisa menerima kearifan lokal tersebut.

Tidak hanya itu saja, masih dari Bali, belum lama ini banyak turis asing yang mengubah plat kendaraan bermotor. Tentu saja ini membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno merasa geram. Dalam akun Instagram resminya, Sandiaga mengatakan akan menindak tegas turis asing yang tidak taat aturan wilayah setempat.

"Tegas saya sampaikan tidak ada kompromi. Kami menggelar karpet merah untuk seluruh wisatawan, tetapi mereka harus mematuhi seluruh peraturan yang berlaku di Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Advertisement

Dijelaskan lebih lanjut, pariwisata nyaman, aman dan menyenangkan memang sudah seharusnya diwujudkan.

"Kita harus ciptakan pariwisata yang nyaman, aman, dan menyenangkan untuk semua orang, khususnya untuk masyarakat setempat," tambah dia.

Untuk itu, dia bersama Kemenparekraf RI akan mensosialisasikan prosedur wisata agar kejadian tersebut tak kembali terulang.

"Dari pengalaman ini, kami di @kemenparekraf.ri akan terus berkolaborasi bersama seluruh pelaku pariwisata tanah air dalam mensosialisasikan prosedur pariwisata sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali," tuturnya.

"Bagi wisatawan yang masih ngeyel, tegas akan kami blacklist," tutup Sandiaga.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Baca Juga

Komentar