Pilihan

Ternyata Ini Perbedaan antara Gerak Tari Daerah Surakarta dan Yogyakarta - inews

 

Ternyata Ini Perbedaan antara Gerak Tari Daerah Surakarta dan Yogyakarta

Yohanes Demo · Sabtu, 04 Maret 2023 - 10:15:00 WIB
 Ternyata Ini Perbedaan antara Gerak Tari Daerah Surakarta dan Yogyakarta
Meski terlihat mirip ternyata ada perbedaan antara gerak tari daerah Surakarta dan Yogyakarta. (Foto Ilustrasi : Istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id- Meski terlihat mirip ternyata ada perbedaan antara gerak tari daerah Surakarta dan Yogyakarta. Kedua wilayah ini memilik jenis tarian yang sama. Seperti tari bedhaya, tari lawung, tari wayang wong dan sebagainya. Namun ternyata kedua wilayah ini memiliki perbedaan pada dasar tuntunannya.

Keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta sebenarnya adalah dua wilayah yang bersaudara. Ini lantaran  sama-sama berasal keturunan dari Mataram Islam. Kedua wilayah ini memilik akar budaya yang tak jauh berbeda. 

Baca Juga

Gerak tari kedua wilayah ini hampir sama namun ternyata ada perbedaannya. Tarian Yogyakarta memiliki tujuh karakter penting yakni wirama, wiraga, wirasa, greget, sawiji, ora mingkuh dan sengguh. Sementara tari gaya Surakarta ada delapan karakter yakni pancat, pacak, ulat, luwe, lulus, wirama, wilet dan yang terakhir gending. Hal ini yang membuat tardi tradisional Surakarta dan Yogyakarta berbeda sekilas terlihat sama.

Kostum Penari
Yang mudah terlihat dalam perbedaan tari gaya Surakarta dan Yogyakarta adalah kostum. Tarian Yogyakarta gaya kostum dan desainnya terlihat lebih sederhana. Warna kainnya tak banyak warna bahkan tak memakai kilau mencolok yang biasanya berasal dari perhiasan emas.

Baca Juga

Sementara itu untuk tarian Surakarta, kostumnya terlihat lebih mewah. Ini antara lain disebabkan karena Keraton Kasunanan Surakarta pernah melakukan pembaharuan sehingga desain baju penarinya juga terlihat lebih modern dan lebih mencolok.

Gamelan Pengiring Tarian
Perbedaan antara gerak tari daerah Surakarta dan Yogyakarta juga disebabkan jenis gamelan pengiringnya. Semua jenis tarian tradisional daerah Surakarta dan Yogyakarta selalu diiringi gamelan.

Baca Juga

Nah untuk tarian Yogyakarta, laras gending atau iramanya mempunyai variasi yang lebih banyak. Sementarairama gamelan dari Surakarta justru terdengar halus dengan alasan untuk menjaga keaslian larasnya.

Sedangkan gamelannya sendiri untuk wilayah Yogyakarta memiliki bentuk lebih sederhana, termasuk ornamennya. Sedangkan gamelan Surakarta menggunakan warna dominan coklat dan kaya dengan hiasan khas yang lebih semara. 

Ekspresi Tarian 
Perbedaan antara gerak tari daerah Surakarta dan Yogyakarta juga terlihat dari ekspresi dan tema yang diusung dalam tarian itu.

Sebagian besar tarian tardisional Surakarta mengandung tema romantis dan sedikit sensual tapi tetap terasa elegan. Sedangkan tari tradisional gaya Yogyakarta cenderung menonjolkan karakter heroik dan memiliki alur cerita beserta konflik, salah satu contohnya adalh tari Srimpi.

Meski bperbedaan antara gerak tari daerah Surakarta dan Yogyakarta cukup banyak, namun hal itu tak menjadi masalah. Perbedaan ini justru makin menambah khasanah budaya di nusantara.

Editor : Ainun Najib

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek